HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6, No 1 (2022): Histogram

Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Matematika

Serly Anggristia (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Dian Devita Yohanie (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Aprilia Dwi Handayani (Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian eksperimen ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas X AKL SMK PGRI 2 Kediri. Metode yang digunakan adalah quasi experimental design dengan desain penelitian nonequivalent control grup design. Sampel penelitian ini sebanyak 30 siswa. Kelompok eksperimen adalah 15 siswa X AKL 2 dan 15 siswa kelas X AKL 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar dan angket motivasi belajar. Analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji saphiro wilk, uji homogenitas dengan uji-F, dan uji hipotesis dengan uji-t independent. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modul pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X AKL SMK PGRI 2 Kediri. Hasil uji-t dengan taraf signifikan  diperoleh . Rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen adalah 72,67 sedangkan kelompok kontrol adalah 60. Hasil pengukuran motivasi belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dari motivasi belajar kelompok kontrol.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

histogram

Publisher

Subject

Education

Description

HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Maret dan September dengan proses peer-review dan open access. Memiliki p-ISSN: 2549-6700 dan e-ISSN:2549-6719 , diterbitkan oleh Program Studi pendidikan matematika STKIP Andi Mattappa Pangkep. HISTOGRAM Berisi ...