Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pertanyaan Higher Order Thinking Skills dalam model pembelajaran Problem Based Learningterhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada aspek interpretation, analyze, evaluate, inference, eksplanation, self regulation. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain Randomized Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 7Surakarta yang berjumlah 198siswa. Sampel penelitian diambil meggunakan teknik simple ramdom sampling dan diperoleh dua kelas yaitu kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Uji prasyarat hipotesis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Teknik analisis data menggunakan uji Manova dan pengujian lanjut menggunakan uji Tukeydengan taraf signifikansi 5%.Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan dan analisis data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian pertanyaan Higher Order Thinking Skills dalam model pembelajaran Problem Based Learningterhadap kemampuan berpikir kritis pada aspekinterpretation, analyze, evaluate, inference, eksplanation, self regulation. Pengaruh pemberian pertanyaan Higher Order Thinking Skills dalam model pembelajaran Problem Based Learningterhadap aspek-aspek kemampuan berpikir kritis dari yang tertinggi hingga terendah yaituanalyze, interpretation, evaluate, inference dan explanation, self regulation
Copyrights © 2018