Proceeding Biology Education Conference
Vol 15, No 1 (2018): Proceeding Biology Education Conference

Pengaruh Pemberian Pertanyaan Higher Order Thinking Skills dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Reny Lukma Aisyah Putri (Universitas Sebelas Maret)
Sri Dwiastuti (Universitas Sebelas Maret)
Puguh Karyanto (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui pengaruh pemberian pertanyaan Higher Order Thinking Skills dalam model pembelajaran Problem Based Learningterhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada aspek interpretation, analyze, evaluate, inference, eksplanation, self regulation. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain Randomized Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 7Surakarta yang berjumlah 198siswa. Sampel penelitian diambil meggunakan teknik simple ramdom sampling dan diperoleh dua kelas yaitu kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Uji prasyarat hipotesis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Teknik analisis data menggunakan uji Manova dan pengujian lanjut menggunakan uji Tukeydengan taraf signifikansi 5%.Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan dan analisis data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa  ada pengaruh pemberian pertanyaan Higher Order Thinking Skills dalam model pembelajaran Problem Based Learningterhadap kemampuan berpikir kritis pada aspekinterpretation, analyze, evaluate, inference, eksplanation, self regulation. Pengaruh pemberian pertanyaan Higher Order Thinking Skills dalam model pembelajaran Problem Based Learningterhadap aspek-aspek kemampuan berpikir kritis dari yang tertinggi hingga terendah yaituanalyze, interpretation,  evaluate, inference dan explanation, self regulation

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

prosbi

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Proceeding Biology Education Conference was published since 2003, with title Prosiding Seminar Nasional Biologi. The early number of the journal were published ...