Ruang Pengabdian : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 2, No 1 (2022): RUANG PENGABDIAN

PELATIHAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS BLENDED LEARNING BAGI GURU-GURU TK DAN SD DI BANDAR LAMPUNG DI MASA PANDEMI COVID-2019

Patuan Raja (Universitas Lampung)
Flora Flora (Universitas Lampung)
Rafista Deviyanti (Universitas Lampung)
Khairun Nisa (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2022

Abstract

AbstrakPandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia di tahun 2020 yang hingga saat ini masih berlangsung berdampak sangat kuat ke semua sektor, tidak terkecuali sektor pendidikan. Pembelajaran Online mau tidak mau menjadi salah satu alternatif yang harus dijalankan oleh pemangku kebijakan untuk terus dapat melanjutkan kegiatan belajar mengajar. Saat ini, dengan dimulainya pembelajaran tatap muka terbatas, maka guru tetap harus memanfaatkan teknologi untuk menggabungkan pembelajaran Online dan Offline yang juga lebih dikenal dengan Blended Learning. Pengabdian ini menggunakan metode pelatihan dan dilaksanakan secara Online dan Offline. Sasaran dari kegiatan ini adalah guru SD dan TK yang mengajar Bahasa Inggris di kota Bandar Lampung. Berdasarkan hasil dari kegiatan ini, lebih dari 85% peserta mampu mengaplikasikan Google Classroom dan juga Zoom Meeting. Selain itu, peserta juga mampu membuat materi pembelajaran Bahasa Inggris bagi anak-anak yang dapat diaplikasikan baik secara Online maupun Offline.Kata Kunci: bahasa inggris; blended learning; guru; SD; TK AbstractThe Covid-19 pandemic that hit the whole world in 2020, which is still occuring, has had a tremendous impact on all sectors, including the education sector. Online learning inevitably becomes one of the alternatives that must be carried out by policy makers to allow teaching and learning activities to continue. Currently, with the start of limited face-to-face learning, teachers still have to utilize technology to combine online and offline learning, which is also known as Blended Learning. This service uses training methods and is carried out online and offline. The target of this activity is elementary and kindergarten teachers who teach English in the city of Bandar Lampung. Based on the results of this activity, more than 85% of participants were able to apply to Google Classroom and also Zoom Meeting. In addition, participants are also able to create English learning materials for children that can be applied both online and offline.Keywords: blended learning; elementary school; english; kindergarten; teachersDOI: https://doi.org/10.23960/rp/v2i1.hal.1-9

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPKM

Publisher

Subject

Education Other

Description

Ruang Pengabdian : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (RP) diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matemarika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung adalah peer-reviewed journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi ...