Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3, No 1 (2022): JURNAL FIBONACI: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Analisis Validitas dan Praktikalitas terhadap Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Masalah Pada Materi Statistik

Katrina Samosir (Unknown)
Noviyanti Simatupang (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui validitas pengembangan LKPD berbasis masalah pada materi statistika. (2) mengetahui praktikalitas pengembangan LKPD berbasis masalah pada materi statistika. Jenis penelitian ini adalah Design and Development Research dengan menggunakan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru matematika dan 10 peserta didik kelas IX SMP Negeri 37 Medan dengan instrumen penelitian berupa lembar validasi LKPD serta angket respon guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis masalah pada materi statistika yang dikembangkan adalah: (1) valid dengan indikator penilaian berupa syarat didaktik memperoleh nilai rata-rata 4,1 dengan kategori baik, indikator penelitian berupa syarat konstruksi dan syarat teknis memperoleh nilai rata-rata 4 dengan kategori baik, serta validitas LKPD secara keseluruhan memperoleh nilai 80,6% dengan kriteria valid, (2) praktis dengan nilai rata-rata berdasarkan aspek kemudahan dalam penggunaan LKPD dari angket respon guru ialah 4 dengan kategori baik dan dari angket respon peserta didik ialah 4,4625 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan aspek kesesuaian dengan waktu dari angket respon guru memperoleh nilai rata-rata 3,5 dengan kategori baik dan dari angket respon peserta didik memperoleh nilai rata-rata 4,35 dengan kategori sangat baik. Nilai praktikalitas LKPD secara keseluruhan yang diperoleh ialah 88,8% dengan kriteria sangat praktis

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JFi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika berisi artikel-artikel mengenai pendidikan matematika yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dalam bidang Pendidikan Matematika ...