Journal of Biology Education
Vol 1, No 1 (2018): Journal Of Biology Education

Pembelajaran Thinking Actively in Social Context untuk Meningkatkan Kemampuan Higher Order Thinking Siswa SMA

irma Yuniar Wardhani (IAIN Kudus)



Article Info

Publish Date
27 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Thinking Actively in Social Contexts (TASC) pada pembelajaran Biologi SMA disertai dengan panduan model yang layak untuk meningkatkan kemampuan higher order thinking. Penelitian ini menggunakan model 4D: define, design, develop, disseminate yang dikombinasikan dengan model Borg and Gall. Tahap define meliputi analisis kurikulum, karakteristik siswa, kegiatan siswa, materi dan tujuan pembelajaran. Tahap design meliputi pemilihan media, perancangan modifikasi sintaks, perancangan format panduan model, serta pembuatan produk awal. Tahap develop meliputi pengembangan model TASC disertai panduan model dengan penilaian oleh ahli dan uji pengembangan (uji coba terbatas dan uji coba lapangan). Tahap disseminate merupakan upaya penyebaran model TASC dilengkapi panduan model yang telah direvisi kepada beberapa pihak terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran TASC layak dan efektif untuk meningkatkan kemampuan higher order thinking siswa. Pencapaian nilai kemampuan higher order thinking mengalami peningkatan yang signifikan berdasarkan hasil pretest dan postes yang telah diuji dengan uji gain score dan uji t. Kata kunci: Model pembelajaran TASC, higher order thinking. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jbe

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science

Description

Journal Of Biology Education (JOBE) has number of E-ISSN 2656-3436/ P-ISSN 2615-3947 publishes research articles, conceptual articles, reports field studies, the best practices and policies of early childhood learning in national and international stage (See Focus and Scope). The articles of this ...