Pendidikan Bahasa Indonesia
No 1 (2014): Jurnal Wisuda Ke 48 Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

KEMAMPUAN MENYUNTING KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 SIBERUT SELATAN BERPEDOMAN PADA EYD

Damianus, Damianus (Unknown)
Chan, Wirsal (Unknown)
Nisja, Indriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2014

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi Pertama, sebagian siswa belum mampu untuk menyunting karangan dari segi pilihan kata, penggunaan huruf kapital, penggunaan tanda baca, penggunaan angka, pilihan kata baku. Kedua, materi pembelajaran kurang lengkap. Ketiga, alokasi waktu yang tersedia dalam penyuntingan karangan sangat singkat yaitu 80 Menit. Keempat, metode dan media kurang memadai. Kelima, siswa dipengaruhi bahasa gaul dan sebagian siswa kurang menguasai bahasa Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Siberut Selatan yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014. Hasil analisis data menunjukkan sebagai berikut. (1) kemampuan menyunting karangan deskripsi untuk indikator pilihan kata baku dengan nilai rata-rata (mean) 65,00% dengan kualifikasi ”cukup” pada rentangan 56-65% pada rentangan skala 10; (2) kemampuan menyunting karangan penulisan huruf dengan nilai rata-rata (mean) 95% dengan kualifikasi ”baik sekali” pada rentangan 86-95%  pada rentangan skala 10; (3) kemampuan menyunting karangan deskripsi penggunaan tanda baca dengan nilai rata-rata (mean) 89% dengan kualifikasi ”baik sekali” pada rentangan 86-95%  pada rentangan skala 10; (4) keterampilan siswa dalam menyunting karangan deskripsi siswa berpedoman pada EYD secara umum berada pada kualifikasi baik sekali yaitu dengan rata-rata (mean) sebesar 78,33% pada kualifikasi 76-85%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menyunting karangan deskripsi siswa  kelas IX SMP Negeri 1 Siberut Selatan berpedoman pada EYD memperoleh nilai 78,33% berada pada kualifikasi ”baik”. Nilai rata-rata kelas berada di atas KKM, yaitu 70

Copyrights © 2014