AbstrakProses pembelajaran IPA menekankan pada pembelajaran antara sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat atau science, technology, society, environment (STSE) secara terpadu. STSE mengacu pada hubungan khusus antara ilmu pengetahuan (science), teknologi (technology), masyarakat (society) dan lingkungan (environment). Pendidikan STSE membuat ilmu pengetahuan lebih relevan, mendorong pemecahan masalah, mendorong berpikir kritis dan kemandirian intelektual, dan meningkatkan kemampuan meneliti masalah sosial. Klasifikasi materi dan perubahannya adalah materi yang terkait dengan technology, society, dan environment. Sehingga perlu dikembangkan bahan ajar yang mengaitkan antara klasifikasi materi dan perubahannya terhadap technology, society, dan environment. Rumusan masalah dalam artikel ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Subah Tahun Pelajaran 2017/2018 setelah menggunakan pendekatan science-technology- society-environment (STSE). Tujuan telaah pustaka adalah tersusunnya bahan ajar klasifikasi materi dan perubahannya bermuatan STSE.Manfaat telaah pustaka adalah bahan ajar yang tersusun bisa digunakan dalam pembelajaran. STSE dapat dikembangkan dalam bahan ajar klasifikasi materi dan perubahannya. Integrasi STSE mengubah pandangan pembelajaran dari teaching (mengajar) ke learning (belajar), knowing (mengetahui) ke thinking (berpikir), lower-ordered skills teaching ke higher- ordered cognitive skills (HOCS), reductionist thinking ke evaluative thinking, disciplinary teaching (fisika, kimia, biologi, dll) ke interdisciplinary teaching, conceptual ke problem solving, teacher-centered ke student-centered, real- world, project/research.Kata Kunci: Bahan Ajar, Materi dan Perubahannya, STSE
Copyrights © 2017