Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 3 No. 3 (2022): Journal On Teacher Education

Peningkatan Prilaku Prososial menggunakan Bimbingan Kelompok Bidang Sosial pada Siswa Kelas X Di SMA Negeri 2 Denpasar

Putu Agus Semara Putra Giri (Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Maraknya peristiwa kekerasan yang terjadi di dunia pendidikan yang melibatkan siswi SMA sangat memprihatinkan bagi banyak pihak. Harapan peneliti adalah mampu merubah perilaku mereka dari perilaku sosial yang rendah ke perilaku sosial mereka meningkat. Adapun siswa yang diteliti adalah siswa kelas X.4 SMA Negeri 2 Denpasar dimana jumlah anak yang sebagai sasaran penelitian ada 40 orang, 5 diantaranya mengalami masalah perilaku prososialnya rendah. Setelah dilakukan tindakan, skor yang diperoleh siswa dibandingkan dengan skor maksimal ideal untuk menentukan kedudukan siswa dalam kategori perilaku prososial yang sudah ditentukan. Hasil penelitian yang didapatkan pada siklus I secara individual terjadi peningkatan dengan kriteria pencapainan cukup dan secara berkelompok mengalami peningkatan sebesar 32,2%. Pada tindakan siklus kedua secara individu mengalami peningkatan yang signifikan yaitu kriteria pencapainan tinggi dan secara berkelompok mengalami peningkatan sebesar 61,0%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...