Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 3 No. 2 (2022): Volume 3 Nomor 2 Tahun 2022

PELATIHAN ANIMATED VIDEOS SEBAGAI MEDIA PENUNJANG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI MTsN 3 BATOLA

Sefto Pratama (Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin)
Erfan Karyadiputra (Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin)
Fauzi Yusa Rahman (Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin)
Indu Indah Purnomo (Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
28 May 2022

Abstract

Sebagai seorang pengajar professional yang sesuai dengan amanat Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Guru diharapkan terus mengembangkan kompetensinya baik dalam hal kemampuan penyampaian materi secara verbal maupun keterampilan dirinya terutama dalam memanfaatkan perkembangan teknologi informasi untuk mendukung proses pembelajaran yang efektif di Sekolah. Adapun pelaksanaan kegiatan PKM (pengabdian kepada masyarakat) ini bertujuan untuk membantu para Guru di MTsN 3 Barito Kuala dalam membuat video pembelajaran berbasis multimedia seperti pembuatan video animasi menggunakan Canva. Adapun metode yang digunakan antara lain yaitu metode presentasi, metode pelatihan sekaligus pendampingan serta metode praktek mandiri. Adanya kegiatan PKM ini dapat membantu guru MTsN 3 Barito Kuala  dalam membuat video pembelajaran yang interaktif sesuai perkembangan teknologi dan berhasil meningkatkan level keberdayaan peserta dengan rata-rata peningkatan sebesar 50%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...