Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol 12 No 2 (2022)

Mengulik Tiga Faktor Pendukung Percepatan Penulisan Skripsi Mahasiswa

Gendon Barus (Program Studi BK JIP FKIP Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
27 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengulik tiga faktor pendukung percepatan penulisan skripsi: kemampuan literasi, efikasi diri, dan motivasi akademik, menemukan mana penyumbang terbesar dari ketiganya, menjajaki hubungan antara ketiga faktor tersebut dengan kecepatan penulisan skripsi, serta menguji signifikansi perbedaan ketiga faktor pada kelompok mahasiswa yang cepat dan lambat dalam penulisan skripsi. Desain penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif kategori, korelasi, dan komparasi. Subjek penelitian adalah 96 orang mahasiswa penulis skripsi pada 3 prodi: BK, PAK (Pendidikan Agama Katolik), dan PGSD JIP, FKIP USD Angkatan Tahun 2014, 2015, dan 2016. Instrumen pengumpulan data menggunakan tiga macam skala model Likert, yaitu Skala Kemampuan Literasi dengan indeks Alpha Cronbach α 0,75; Skala Efikasi Diri (α 0,884); dan Skala Motivasi Akademik (α 0,701). Hasil penelitian menunjukkan ketiga faktor tersebut saling berhubungan dan secara signifikan mendukung percepatan penulisan skripsi di kalangan mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP USD tahun akademik 2020/2021.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

scholaria

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan is a double blind-peer-reviewed journal managed by Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga cooperates with the Himpunan Dosen Pendidikan Guru Sekolah ...