Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol 12 No 2 (2022)

Implementasi Team-Based Learning Dalam Pengembangan Pembelajaran Online Berbasis Artificial Intelligence

Bens Pardamean (Universitas Bina Nusantara Jakarta)
Teddy Suparyanto (Universitas Bina Nusantara Jakarta)
Andri Anugrahana (Universitas Sanata Dharma)
Indri Anugraheni (Universitas Kristen Satya Wacana)
Digdo Sudigyo (Universitas Bina Nusantara Jakarta)



Article Info

Publish Date
27 May 2022

Abstract

Pembelajaran online semakin berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi dewasa ini. Online pembelajaran pengembangan akan meningkatkan kualitas pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan portal pembelajaran online berbasis Artificial Intelligence (AI) dalam kerangka Team Based Learning (TBL). Manfaat AI dalam mempersonalisasi pembelajaran berdasarkan cara siswa belajar, serta penggunaan TBL sebagai metode pembelajaran dibahas dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode untuk melakukan pengembangan penelitian. MOODLE sebagai Sistem Manajemen Pembelajaran sedang digunakan untuk memperluas portal pembelajaran online. Sementara itu, teknologi AI berkembang dengan menggunakan algoritme berdasarkan collaborative filtering untuk memprediksi gaya belajar dan algoritme evolusioner untuk menganalisis pertumbuhan kelompok siswa. Partisipan penelitian ini melibatkan 10 Sekolah Dasar (SD) di 3 provinsi berbeda dengan total peserta 262 siswa. Aplikasi program analisis data R digunakan uji paired t-test untuk membandingkan pre-test dan post-test. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran online berbasis AI dalam kerangka TBL dapat meningkatkan rata-rata hasil belajar siswa secara signifikan. Keywords— Pembelajaran Online, Artificial Intelligence, Team Based Learning, MOODLE, Learning Management System, Personalize Learning

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

scholaria

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan is a double blind-peer-reviewed journal managed by Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga cooperates with the Himpunan Dosen Pendidikan Guru Sekolah ...