Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol. 13 No. 69 (2007)

MENGELOLA INSTITUSI PENDIDIKAN PADA SISTEM PENDIDIKAN JARAK JAUH DENGAN EFEKTIF: BELAJAR DARI KARAKTERISTIK MAHASISWA

Durri Andriani (FMIPA Universitas Terbuka)
Nurmala Pangaribuan (FMIPA Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2007

Abstract

Artikel ini memberi gambaran riil mahasiswa pada institusi pendidikan tinggi yang menerapkan sistem pendidikan jarak jauh (PJJ) yang diperoleh dari 29 laporan penelitian, artikel dan makalah seminar tentang mahasiswa Universitas Terbuka (UT) yang merupakan satu-satunya institusi pendidikan tinggi yang menerapkan sistem PJJ secara utuh. Secara khusus, di sini dibahas profil, persepsi terhadap PJJ, motivasi, strategi belajar, pengenalan dan pemanfaatan media dalam proses belajar, serta kendala belajar yang dialami mahasiswa PJJ. Gambaran riil ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih operasional tentang siapa dan bagaimana mahasiswa melakukan proses pembelajaran, serta bagaimana mereka menyikapi proses belajar di sistem PJJ. Pada gilirannya, informasi tersebut diharapkan dapat dijadikan rujukan bagi institusi pendidikan yang menerapkan sistem PJJ untuk mengelola institusinya sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif.

Copyrights © 2007






Journal Info

Abbrev

jpnk

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan is a peer-reviewed journal published by Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Agency for Research and Development, Ministry of Education and Culture of Republic of Indonesia), publish twice a year in June and December. This journal ...