Journal Peqguruang: Conference Series
Vol 4, No 1 (2022): Peqguruang, Volume 4, No.1, Mei 2022

Pengaruh Model Pembelajaran Window Shopping Terhadap Kreativitas Matematika siswa

Nurfadila Nurfadila (Universitas Al Asyariah Mandar)
Herlina Ahmad (Unknown)
Muhammad Ali P. (Universitas Al Asyariah Mandar)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Window Shopping Terhadap Kreativitas Matematika Siswa . Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Ma'arif Husnul Khatimah. Sampel diperoleh kelas X Jurusan Busana sebagai kelas Eksperimen yang terdiri dari 34 orang peserta didik dan kelas X Jurusan Adminitrasi Perkantoran sebagai kelas Kontrol yang terdiri dari 32 Orang Peserta didik. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kreativitas matematika siswa, lembar aktivitas siswa, lembar keterlaksanaan pembelajaran, dan angket respons siswa. sedangkan Teknik pengumpulan data menggunakanTes.Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil analisis statistik diproleh nilai rata-rata hasil Pre-test (tes awal) pada kelas eksperimen sebesar 45.79 dan hasil (tes awal) pada kelas kontrol. Sedangkan nilai rata-rata hasil (tes akhir) kelas eksperimen diperoleh 81.91 dan hasil tes akhir kelas kontrol sebesar 76.23. pada aktivitas siswa diperoleh rata-rata persentase sebesar 89,04%. keterlaksanaan pembelajaran diperoleh rata-rata 95% dan respon siswa diperoleh lebih banyak memilih respon positif, dengan persentase 65% ke atas. Hasil Analisis statistik inferensial menggunakan Indefendent besar sampel Uji TIMAH Nilai T hitung sebesar 3,024 untuk review Nilai ttabel Yaitu 1,76 KARENA T hitung > t tabel sehingga H 0 ditolak Dan H 1 diterim. Dari hasil penelitian, terdapat pengeruh penggunaan model pembelajaran Window shopping terhadap kreativitas matematika siswa kelas X SMK Ma'arif Husnul Khatimah

Copyrights © 2022