Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 2 No. 1 (2022): Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19

Ari Susetiyo (Institut Agama Islam Tribakti)
Novida Aprilina Nisa Fitri (Institut Agama Islam Tribakti Kediri)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2022

Abstract

Pandemi Covid yang tak kunjung usai membuat semua sektor menjadi lumpuh, termasuk di sektor pendidikan, banyak orang dalam keterbatasan, termasuk anak. Seharusnya diberikan pendidikan dengan maksimal di sekolah. Untuk mengurangi fenomena yang ada yaitu Covid-19, Diberlakukan Surat Edaran nomor 4, yang berisi tentang pelaksanan pembelajaran dari rumah. Dengan adanya pembatasan, maka diberlakukan pembelajaran jarak jauh, aktivitas belajar dilakukan di rumah, untuk itu guru perlu membuat suatu rancangan, guna memberikan pembelajaran jarak jauh menjadi menarik memerlukan kreativitas. Untuk itu penulis tertarik melakukan penelitian ini. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan bersifat library research atau studi pustaka. Untuk memaparkan kreativitas para pendidik dalam penerapan pembelajaran jarak jauh, Caranya dengan membaca, mencatat, menggambar sesuai dengan pokok bahasan. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa pelaksanaan pembelajaran jarak jauh ada keterhubungan dengan pandemic Covid-19, untuk itu Pendidik memberikan edukasi mengenai Covid-19, yakni dengan bahaya serta cara pencegahannya dengan menggunakan hand sanitizer, masker, serta peralatan protocol yang lain. Wali murid mendampingi siswa dan mengerjakan tugas, mengambil foto dan video anaknya ketika melaksanakan aktivitas belajar. Sebagai bentuk laporan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

piaud

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Physics Other

Description

Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini receiving research results in various fields related to Early Childhood Education including Cognitive Development, Development of Moral and Religious Values, Social-Emotional Development, Physical Motor Development, Language Development, Arts and ...