An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 1 No 3 (2022): Januari-April

STRATEGI GURU DALAM PENERAPAN REWARD DAN PUNISHMEN TERHADAP MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK

Hakkul Yakin (Dosen Tetap Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur)
Muhammad Wildan (Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam)
Muhammad Mikdad (Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

: Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: 1) Penerapan punishment berupa: teguran, Hafalan, pemberian tugas dan membersihkan lingkungan sekolah, pemanggilan orang tua kesekolah. Penerapan reward berupa: pujian dan nilai tambahan dari guru, hadiah, penghargaan, Pemberian reward berupa gambar jempolatau bintang. 2) Kelebihan: Peserta didik menjadi termotivasi dan lebih menaati tatatertib, peserta didik akan berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan, peserta didikakan lebih berhati-hati dalam bertindak, peserta didik dapat meningkatkan semangat belajarnya, pemberian punishment akan memberikan efek jera pada siswa. Kekurangan: Peserta didik yang memiliki keterbatasan sulit untuk mengejar, peserta didik yang mendapat reward merasa sombong cepat merasa puas, peserta didik merasa minder. 3) Hasil implementasi: Perilaku anak menjadi lebih baik, perhatian terhadap pembelajaran meningkat, meningkatnya kedisiplinan peserta didik,meningkatnya nilai akademik pesertadidik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

an-nahdlah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam which focuses on issues related to the field of Islamic Education. We invite lecturers, students, researchers, practitioners, and observers in the field of Islamic Education to publish their manuscripts that have never been published in other media, which focus ...