Jurnal Ilmu Pendidikan (SOKO GURU)
Vol. 2 No. 1 (2022): April : Jurnal Ilmu Pendidikan

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS VI SDK 119 LIKOT

Simporosa Soge (SDK 119 Likot, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan kenyataan bahwa rendahnya hasil ulangan siswa kelas VI di SDK 119 Likot Kabupaten Sikka Provinsi Nusa Tenggata Timur dalam pembelajaran matematika materi volume kerucut disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa memahami konsep dasar penurunan rumus volume kerucut terhadap materi yang telah disampaikan. Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi disebabkan metode pembelajaran yang hanya berfokus pada guru yaitu menjelaskan, mencatat rumus, menugaskan menghapal rumus, dan latihan sehingga terlalu monoton dan bahkan tidak sesuai dengan materi. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Data yang dikumpulkan pada penelitian tindakan kelas ini adalah berupa data skor kemampuan guru merencanakan pembelajaran, data skor berupa kemampuan guru melaksanakan pembelajaran,dan data nilai hasil belajar siswa pada materi volume kerucut. Hasil penelitian tentang kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 0,8, kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran 0,85, dan hasil belajar siswa sebesar 8,32.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sokoguru

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan (SOKO GURU) mewadahi artikel karya ilmiah hasil penelitian para dosen, praktisi akademik, guru dan mahasiswa untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Ruang lingkup jurnal ini adalah semua penelitian yang berhubungan dengan pendidikan. Jurnal ini diterbitkan 3 (tiga) kali dalam ...