SUBULANA
Vol. 5 No. 2 (2022): Subulana March 2022

Permasalahan Dan Inovasi Pemecahannya Pada Sistem Pembelajaran PAI-BA

Ibnu Amiruddin (Program Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Muhammad Nu’man (Program Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat permasalahan yang dihadapi guru dalam pembelajaran PA-BA dan faktor penyebab permasalahan tersebut terjadi. Pengambilan data difokuskan pada Madrasah Ibtidaiyah Irsyadul Mubtadiin Labang Tangkor Sreseh Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara dan observasi dengan guru PA-BA dan kepala madrasah ditempat penelitian. Hasil penelitan didapatkan bahwa permasalahan pembelajaran PAI-BA terjadi karena faktor kurangnya sarana dan prasarana pembelajaran PAI-BA di madrasah, seperti buku bacaan dan sarana belajar pendukung lainnya sehingga berefek pada kurangnya minat baca dan belajar siswa di sekolah. Sedangkan faktor yang menyebabkan permasalahan tersebut terjadi yaitu pada minimnya variasi metode dan model mengajar guru PAI-BA sehingga motivasi belajar siswa tidak begitu terjadi peningkatan dan pembelajaran lebih dominan bersifat kognitif, sehingga peserta didik hanya paham tentang agama tapi belum mampu secara maksimal mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan solusi yang dilakukan guru pendidikan agama islam yaitu dengan memberikan dorongan motivasi belajar baik melalui ceramah dan nasehat-nasehat pada peserta didik, selain itu juga melakukan pengembangan media pembelajaran pendidikan agama dengan memanfaatkan segala fasilitas yang ada agar semangat belajar siswa dalam proses belajar mengajar dapat meningkat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Subulana

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Subulana (Journal of Islamic education studies) print-ISSN: 2598-0254 online-ISSN: 2598-2842. This journal published by institute for research and community service (LP2M) STIT MIftahul Ulum Bangkalan. This journal is published twice a year every March and September. This journal contains conceptual ...