Jurnal Amal Pendidikan
Vol 3, No 1 (2022): Edisi April 2022

Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Via Google Meet Dimasa Pandemi Covid-19

Dwi Andriani (STKIP Nurul Huda)
Nia Kurniati (STKIP Nurul Huda)
Eka Agustina (STKIP Nurul Huda)
Deo Pratama (STKIP Nurul Huda)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap efektivitas pembelajaran daring prodi pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Nurul huda selama masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah deksriptif dengan pendekatan kuantitatif. Melalui simplerandom sampling, sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang melaksanakan proses belajar dengan sistem pembelajaran daring google meet yaitu dari semester  1 hingga 5 sebanyak 43 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara yang disebarkan menggunakan google form. Analisis data dengan analisis deskriptif melaui perhitungan kategori dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada program studi pendidikan bahasa inggris dengan X̅ = 94,5 termasuk dalam kategori cukup bagus diterapkan melalui sistem pembelajaran daring melalui google meet. Persepsi mahasiswa terhadap efektivitas pembelajaran daring pada prodi pendidikan bahasa inggris selama masa pandemi Covid-19 yang terdiri dari 4 aspek dengan rincian aspek Kemampuan pendidik dalam mengelola kelas merupakan aspek tertinggi yang menjadi indikator efektivitas pembelajaran daring menggunakan google meet dengan skor 70,70% kategori tinggi, aspek sarana dan prasarana penunjang  dengan skor 65,25%  kategori tinggi, selanjutnya aspek aktivitas belajar dengan skor 63,08% kategori tinggi dan yang paling terendah adalah aspek ketuntasan belajar dengan skor 6,30% kategori tinggi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

japend

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Artikel yang dapat dipertimbangkan untuk dimuat dalam jurnal amal pendidikan adalah hasil pelaksanaan kegiatan penelitian yang sesuai dengan focus dan scope jurnal diantaranya: Manajemen Pendidikan, Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Bahasa, ...