Jurnal Amal Pendidikan
Vol 3, No 1 (2022): Edisi April 2022

Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP

Sri Wahyuni Ningsi (Universitas Halu Oleo)
Kadir Kadir (Universitas Halu Oleo)
Rahmat Rahmat (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematis Education terhadap kemampuan literasi matematika siswa di SMP Negeri 4 Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain Post-test Only Control-group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kendari tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan random sampling. Dari cara tersebut, dipilih 2 kelas sebagai sampel, yakni kelas VIIĀ¬-2 sebagai kelas ekperimen yang diterapkan pendekatan Realistic Mathematics Education dan kelas VII-4 sebagai kelas kontrol yang diterapkan pendekatan konvensional. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa tes kemampuan literasi matematika berbentuk soal uraian dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial terdapat uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh signifikan penggunaan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan literasi matematika siswa SMP Negeri 4 Kendari.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

japend

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Artikel yang dapat dipertimbangkan untuk dimuat dalam jurnal amal pendidikan adalah hasil pelaksanaan kegiatan penelitian yang sesuai dengan focus dan scope jurnal diantaranya: Manajemen Pendidikan, Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Bahasa, ...