Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan
Vol 5, No 2 (2019)

Pengarauh Metode Drill Terhadap Kemampuan Menghafal Pembukaan UUD 1945 Siswa MTs Al Hikmah 2 Benda Sirampog

Sri Wartulas (Universitas Peradaban)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh positif metode drill terhadap kemampuan menghafal siswa dalam pembukaan UUD 1945. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment) yaitu jenis penelitian yang mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX A MTs Al Hikmah 2 Benda Sirampog. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al Hikmah 2 Benda Sirampog tahun ajaran 2018/2019. Besarnya pengaruh dapat dilihat dari nilai R Square = 0,724 = 72,4% yang berarti 72,4% kemampuan menghafal dipengaruhi oleh aktivitas siswa dan sisanya 27,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Pengaruh aktivitas siwa terhadap kemampuan menghafal yang ditunjukkan pada persamaan regresi. Bentuk persamaan regresinya yaitu  artinya setiap penambahan variabel aktivitas siswa sebesar satu satuan maka akan menambah nilai kemampuan menghafal sebesar 1,038. Beradasarkan hal tersebut, maka disimpulkan yaitu terdapat pengaruh positif aktivitas siswa dalam pembelajaran metode drill terhadap kemampuaan menghafal pembukaan UUD 1945 Kata kunci: drill, menghafal, pembukaan UUD 1945

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

rontal

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, e-issn; 2613-9820, issn cetak; 2477-0523 mengundang para ilmuwan untuk mempublikasikan karya ilmiah berupa penelitian atau makalah yang dibuat dalam bentuk artikel berkaitan dengan isu-isu politik, sosial, hukum, kebudayaan dan perekonomian warga ...