Belantika Pendidikan
Vol 3, No 1 (2020)

Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Pembelajaran IPS Berorientasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal

Frumensius B. Dole (Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang)
Wahjoedi Wahjoedi (Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang)
Nyoman Degeng (Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2020

Abstract

Penelitian dilaksanakan untuk mendapatkan deskripsi yang jelas mengenai kesulitan guru IPS di Kecamatan Detukeli Kabupaten Ende, dalam mengembangkan perencanaan pembelajaran IPS berorientasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan observasi dan wawancara dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru IPS SD di Kecamatan Detukeli belum membuat perencanaan pembelajaran dengan baik karena mengalami kesulitan dalam membuat setiap bagian dari rencana pembelajaran dan mengatur waktu kerja. Hal-hal yang menyebabkan kesulitan tersebut adalah kurangnya pelatihan untuk guru yang berhubungan dengan pengembangan perangkat pembelajaran, minimnya sarana dan prasarana penunjang, dan beban kerja yang terasa berat karena minimnya fasilitas.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Research topics of interest include, but are not limited to: Educational Technology Educational Management Gudance and Counseling Non Formal Education Indonesian Language Education English Language Education Biology Education Mathematics Education Chemistry Education Geography Education Vocational ...