EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline pada Mata Pelajaran Administrasi Transaksi pada Siswa SMK

Ayu Puspita Sari (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia)
Novi Marlena (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 May 2022

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat mendorong adanya pengembangan media pembelajaran sebagai solusi untuk mengatasi masalah proses pembelajaran administrasi transaksi kelas XI BDP di SMKN 2 Kediri yang masih menggunakan media pembelajaran PowerPoint full text sehingga kurang interaktif. Siswa tidak berperan aktif pada kegiatan pembelajaran sehingga pemahaman materi dan hasil belajar mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kelayakan media pembelajaran, 2) keefektifan media pembelajaran dan 3) respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline. Penelitian menggunakan metode penelitian R&D model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) oleh (Thiagarajan, 1974). Hasil penelitian membuktikan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline pada mata pelajaran administrasi transaksi kelas XI di SMKN 2 Kediri sangat layak karena memperoleh skor dari validator media sebesar 97% dan skor oleh validator materi sebesar 97,5%. Media pembelajaran dikatakan efektif karena mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai n-gain sebesar 0,6. Respon siswa pada media pembelajaran sebesar 82,6% yang berarti respon siswa sangat baik sehingga media sangat layak untuk dimanfaatkan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...