Perkembangan teknologi yang pesat mendorong adanya pengembangan media pembelajaran sebagai solusi untuk mengatasi masalah proses pembelajaran administrasi transaksi kelas XI BDP di SMKN 2 Kediri yang masih menggunakan media pembelajaran PowerPoint full text sehingga kurang interaktif. Siswa tidak berperan aktif pada kegiatan pembelajaran sehingga pemahaman materi dan hasil belajar mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kelayakan media pembelajaran, 2) keefektifan media pembelajaran dan 3) respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline. Penelitian menggunakan metode penelitian R&D model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) oleh (Thiagarajan, 1974). Hasil penelitian membuktikan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline pada mata pelajaran administrasi transaksi kelas XI di SMKN 2 Kediri sangat layak karena memperoleh skor dari validator media sebesar 97% dan skor oleh validator materi sebesar 97,5%. Media pembelajaran dikatakan efektif karena mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai n-gain sebesar 0,6. Respon siswa pada media pembelajaran sebesar 82,6% yang berarti respon siswa sangat baik sehingga media sangat layak untuk dimanfaatkan
Copyrights © 2022