EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Kesiapan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Era New Normal

Theguh Saumantri (IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 May 2022

Abstract

Fenomena pandemi covid-19 telah merubah kebiasaan umum manusia dalam segala aspek, termasuk dalam mekanisme proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Menghadapi situasi new normal dalam jangka waktu yang belum pasti bukan hal yang mudah untuk dijalani oleh seorang guru. Guru sebagai unsur yang vital dalam proses pembelajaran di sekolah sudah pasti mendapat dampak yang paling besar dalam situasi pandemi saat ini. Perubahan yang mendadak dan bersifat sangat dinamis menuntut guru untuk mengubah metode dan menjadi lebih fleksibel dalam mengembangkan berbagai metode pembelajaran yang tetap akan berujung pada pencapaian standar kompetensi yang ada di kurikulum sekolah. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kepustakaan (library research), yang memiliki tujuan yakni menelusuri dan menelaah suatu data atau informasi mengenai bahasan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Guru harus mempunyai kesiapan dalam melakukan metode PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) di era new normal. Kesiapan guru dalam melaksanakan metode PJJ dapat menjadi kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan proses belajar di masa pandemi covid-19

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...