EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Penggunaan Media Komik Pada Materi Gerak Lurus untuk Mengetahui Minat Belajar Fisika Siswa

Melkyanus Bili Umbu Kaleka (Universitas Flores, Indonesia)
Simon Petrus (Universitas Flores, Indonesia)
Daniel Wolo (Universitas Flores, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 May 2022

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar pada pelajaran fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar siswa setelah diterapkan media komik pada materi gerak lurus. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket minat belajar siswa.  Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ende yang berjumlah 25 siswa. Berdasarkan hasil analisis data secara deskriptif menunjukan bahwa rata-rata minat belajar fisika siswa setelah diajarkan menggunakan media komik berada pada kategori sangat baik. Pada indikator perasaan senang berpersentase 83% dengan kategori sangat baik, indikator ketertarikan siswa berpersentase 82% dengan kategori sangat baik, indikator keterlibatan siswa berpersentase 81% dengan kategori sangat baik, indikator rajin dalam belajar dan rajin mengerjakan tugas berpersentase 82% dengan kategori sangat baik dan indikator tekun dan disiplin dalam belajar berpersentase 90% dengan kategori sangat baik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...