Kiryoku: Jurnal Studi Kejepangan
Vol 6, No 1 (2022): Jurnal Kiryoku

Hegemonisasi Budaya Populer Jepang dalam Komunitas Otaku

Muhammad Agung Faisal (Universitas Jenderal Soedirman)
Yusida Lusiana (Universitas Jenderal Soedirman)
Dian Bayu Firmansyah (Universitas Jenderal Soedirman)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui adanya hegemoni budaya populer Jepang terhadap anggota komunitas Otaku Wonosobo menggunakan teori hegemoni Gramsci. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara. Informan dari penlitan ini berjumlah 5 orang. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah proses hegemonisasi anggota komunitas Otaku Wonosobo dimulai sejak di bangku SD melalui tayangan anime di televisi. Bentuk hegemoni yang terjadi dalam komunitas Otaku Wonosobo yaitu hegemoni intelektual dan moral yang memiliki dampak berupa lebih condong untuk menyukai budaya Jepang daripada budaya tradisional lokal. Dalam penelitian ini juga menemukan adanya counter hegemoni yang dilakukan oleh anggota komunitas Otaku Wonosobo yaitu tidak memaksakan diri untuk mengikuti budaya populer Jepang serta tetap mengikuti dan merawat budaya lokal.

Copyrights © 2022