JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 5, No 1 (2022): JIMB - VOLUME 5 NOMOR 1 MEI 2022

Pengaruh Strategi Jasa Transportasi Grab Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Penggunaan Jasa Grab Pada Mahasiswa Manajemen Angkatan 2018)

Nilasari Paputungan (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)
Hais Dama (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)
Herlina Rasjid (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
16 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pemasaran jasa memiliki pengaruh terhadap loyalisatas konsumen grab. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan jasa tranportasi grab. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Non Probability Sampling sebanyak 69 konsumen. Analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan penyebaran kuisioner kepada konsumen yang menggunakan jasa transportasi grab. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh nilai t-hitung variabel Strategi Pemasaran sebesar 7,755, dan nilai t tabel sebesar 1,668 dan nilai signifikansinya 0,000 0,05, Penjelasan tersebut menyimpulkan bahwa secara parsial variabel Strategi pemasaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Loyalitas Konsumen. Dan nilai R sebesar 0,688, dan nilai R square (R2) sebesar 0,473 dengan kata lain bahwa loyalitas konsumen untuk menggunakan jasa transportasi grab, sebesar 47,3% karena dipengaruhi oleh Strategi pemasaran. Adapun lebihnya sebesar 52,7% memungkinkan untuk dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak dijelaskan pada penelitian ini seperti Harga, Kualitas pelayanan, Kualitas produk, dan variabel lainnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...