Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT)
Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako

PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI MOBIL DAIHATSU XENIA PADA PT. MAKASSAR RAYA MOTOR CABANG PALU

Inten Suwono Syamdi (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Tadulako)
Maskuri Sutomo (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Tadulako)
Farid Farid (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2020

Abstract

The purpose of this research is to find out and analyze the influence of brand image on consumer’s who buy Daihatsu Xenia cars at PT Makassar Raya Motor Branch Palu. The variables of this study are brand image which consists of the advantages of brand association, brand association strength and brand association uniqueness. While the dependent variable of Consumer's decision. The type of this research is descriptive causal. The sampling technique used purposive sampling with a sample size of 60 people. The analytical tool used is multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that the variable brand image which consists of the advantages of brand association, the strength of brand association and the uniqueness of brand association simultaneously have a significant effect on consumer's decisions to buy a car Daihatsu Xenia in PT Makassar Raya Branch Motor of Palu. From the test results partially found that the variable of brand image which consists of the advantages of brand association, the strength of brand association and the uniqueness of brand association significantly influence consumer's decisions. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh citra merek pada konsumen yang membeli mobil Daihatsu Xenia di PT Makassar Raya Motor Cabang Palu. Variabel penelitian ini adalah citra merek yang terdiri dari keunggulan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek  dan keunikan asosiasi merek. sedangkan variabel dependen keputusan Konsumen. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kausal. Teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 60 orang. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel  citra merek yang terdiri dari keunggulan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek dan keunikan asosiasi merek secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli mobil Daihatsu Xenia pada PT Makassar Raya Motor Cabang Palu. Dari hasil pengujian secara persial ditemukan bahwa variabel citra merek yang terdiri dari Keunggulan Asosiasi Merek, Kekuatan asosiasi merek dan Keunikan asosiasi merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jimut

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) terbentuk di tahun 2015 ( SK no. 0005.24433578/JI.3.1/SK.ISSN/2015.4 - 23 April 2015 ) bertujuan untuk mempublikasikan karya tulis ilmiah mahasiswa program studi S1 Manajemen. JIMUT merupakan Open Journal System (OJS) dengan e-ISSN : 2443-3578 dan ...