Level kondisi kebugaran jasmani siswa di Indonesia masih dalam nilai rendah dimana sedikit kontribusi yang didapatkan dari mata pelajaran penjas di sekolah. Implementasi pembentukan karakter juga perlu dimunculkan dalam pendidikan jasmani. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan survei tentang level kebugaran jasmani, faktor-faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani pada anak-anak. Subjek yang diteliti adalah anak Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Sidoarjo yang berusia 13-14 tahun. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan persentasi dapat diketahui sebagai berikut: tingkat kesegaran jasmani pada siswa putra kelas VII adalah sebesar 57,14 % yaitu berada pada katagori sedang, kemudian pada siswa putri kelas VII sebesar 53,85 % yang mana masuk pada level kategori sedang. Naik ke tingkat siswa putra kelas VIII persentase paling besar yaitu 57,14 % pada katagori baik. Pada siswa putri kelas VIII persentase paling besar yaitu 70 % pada katagori sedang. Tingkat kesegaran jasmani pada siswa putra kelas IX jumlah persentase paling besar yaitu 50 % pada katagori sedang. Pada siswa putri kelas IX persentase paling besar yaitu 66,67 % pada katagori sedang. Kesimpulan bahwa tingkat kesegaran jasmani siswa kelas VII, VIII dan IX SMP di Kabupaten Sidoarjo rata-rata dalam katagori sedang, hal ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor meliputi faktor gizi, pola istirahat, kebiasaan hidup sehat, pengaruh gadget, dan faktor lingkungan.
Copyrights © 2022