Adanya pandemi Covid-19 mengharuskan semua bentuk pembelajaran di semua jenjang pendidikan dilaksanakan secara daring melalui rumah masing-masing. Dengan demikian, orang tua mempunyai peran dalam pendampingan lebih dalam menemani, membimbing, dan mengawasi anak selama mereka belajar dari rumah. Berdasarkan wawancara awal, orangtua mengeluhkan kesulitan mendampingi anak belajar dirumah, hal ini disebabkan karena mereka harus membagi waktu antara pekerjaan dan mengajar anak.Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meringankan kendala yang dihadapi oleh pihak orangtua saat ini dan meningkatkan kesadaran orang tua dalam mendampingi anak belajar dirumah. Program ini melewati tiga tahapan yaitu persipan, pelaksanaan dan evaluasi, psikoedukasi tentang pendampingan anak belajar dirumah diberikan kepada 65 orangtua siswa TK Pertiwi Bondowoso. Survey diberikan kepada 10 orang tua dilakukan sebagai tolak ukur keberhasilan program psikoedukasi tidak langsung ini, pertanyaan yang diajukan adalah (apakah program ini sesuai dengan permasalahan Bapak/Ibu), dengan alternatif jawaban (sangat sesuai, cukup sesuai dan tidak sesuai), hasil survey menyebutkan 70% orang tua merasa program ini sangat sesuai dengan kebutuhan mereka dan 30% menjawab cukup sesuai. Hal ini diperkuat dengan hasil wawancara evaluasi dengan orangtua, maka dapat disimpulkan bahwa dengan adanya kegiatan psikoedukasi yang diberikan ini orangtua merasa sangat terbantu dalam mendampingi anak belajar dirumah.
Copyrights © 2022