cover
Contact Name
Muhammad Ali Adriansyah
Contact Email
ali.adriansyah@fisip.unmul.ac.id
Phone
+6281335350368
Journal Mail Official
plakat@fisip.unmul.ac.id
Editorial Address
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : 26860686     EISSN : 27145239     DOI : 10.30872
Core Subject : Humanities, Social,
PLAKAT : JURNAL PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT is a multidisciplinary scientific journal of social and political science that presents the implementation of science and technology in solving problems in society. This journal contains the publication of the results of community service activities, models or concepts and or their implementation in the context of increasing community participation in development, community empowerment or the implementation of services to the community. PLAKAT : JURNAL PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT published regularly twice the year in June and December. The purpose of this journal is to disseminate ideas and results of research conducted by universities, particularly the Faculty of Social and Political Sciences at Mulawarman University, which can be applied in society. PLAKAT : JURNAL PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT contains a variety of activities carried out both internally by the Social Sciences Mulawarman University or from externally in handling and overcoming various problems that occur in society by applying science and technology which can then be beneficial to improve the welfare of the society.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 80 Documents
Pelatihan Coping Stres untuk guru mantan Kombatan GAM di Daerah Istimewa Aceh Fattah Hidayat; Yudi Tri Harsono
PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Vol 1, No 1 (2019): Volume 1, Nomor 1, Tahun 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/plakat.v1i1.2688

Abstract

Pasca Tsunami Aceh di tahun 2004 masih memberikan dampak negatif berujud stres bagi korban Tsunami baik orang sipil maupun mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka. Pelatihan bertujuan agar peserta dapat memahami dan berperilaku pentingnya menghadapi stres, mengidentifikasi potensi dan sumber  stres di tempat kerja, melakukan pencegahan kecelakaan kerja, mengelola emosi negatif berbahaya dan penanggulangannya, menggunakan mekanisme pertahanan diri yang sehat, melakukan pencegahan serta menyusun program pengendalian stres di pondok pesantren Sufi Muda.Pelatihan ini diselenggarakan pada tanggal 25 Februari s.d. 27 Februari 2019 bertempat di Ruang Baru  Pondok Sufi Muda. Peserta pelatihan non random sebanyak 20 orang guru mantan kombatan GAM dengan instruktur dosen Psikologi Universitas Negeri Malang . Metode pelatihan pre dan post tes yang digunakan meliputi: ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi dan penugasan dan psikoterapi. Hasil pelatihan coping stres terjadi perubahan pre post test dengan teknik analisis paired t test , p < 0.05 mean pre dan post berbeda . Saran pelatihan adalah adanya penambahan subyek pengabdian, kelompok kontrol dan menggunakan random assignment sehingga  generalisasi untuk korban bencana dapat diperluas.
Kegiatan mentorship untuk meningkatkan motivasi dalam melanjutkan pendidikan tinggi dengan beasiswa Ainun Nimatu Rohmah
PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Vol 1, No 1 (2019): Volume 1, Nomor 1, Tahun 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/plakat.v1i1.2689

Abstract

Tenaga kerja berpendidikan dan ahli akan meningkatkan daya saing Indonesia secara global. Namun, laporan Badan Pusat Statistik (kasus di Kalimantan Timur) menunjukkan bahwa tenaga kerja saat ini justru didominasi oleh lulusan SMA. Penelitian terdahulu menemukan bahwa faktor finansial dan kurangnya pemahaman akan pentingnya pendidikan tinggi menjadi penyebab seseorang tidak melanjutkan pendidikan tinggi. Memperhatikan masalah tersebut, dosen-dosen lintas fakultas dari Universitas Mulawarman membuat sebuah kegiatan mentorship sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk berbagi motivasi dan strategi dalam mendapatkan pendidikan tinggi dengan beasiswa. Targetnya adalah mahasiswa, lulusan baru, dan partisipan umum di Samarinda dan kota-kota sekitarnya. Sebanyak 31 mentee direkrut melalui registrasi online yang kemudian mengikuti pertemuan tatap muka dan online antara Juli hingga September 2019. Tim pelaksana juga berkolaborasi dengan Universitas Mulawarman, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pembendaharaan dibawah Kementerian Keuangan dan Golden Gate Education Samarinda dalam kegiatan ini. Kesimpulannya, diketahui tiga kemampuan penting yang perlu ditingkatkan yaitu: strategi dalam memilih perguruan tinggi, Bahasa Inggris dan kepenulisan akademik.
Pelatihan penulisan ilmiah sebagai upaya peningkatan keterampilan menulis ilmiah Arif Wicaksa
PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Vol 1, No 1 (2019): Volume 1, Nomor 1, Tahun 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/plakat.v1i1.2690

Abstract

Penulisan ilmiah merupakan elemen penting akademik. Mahasiswa sebagai bagian penting harus aktif dalam kegiatan akademik khususnya penulisan ilmiah. Kegiatan penulisan ilmiah merupakan kegiatan menghasilkan produk ilmiah berupa tulisan. Diantara kaidah penulisan ilmiah yang harus dipenuhi adalah pengutipan dan daftar pustaka. Fakta yang penulis temukan menunjukkan bahwa banyak mahasiswa yang belum mengerti dan paham mengenai apa itu penulisan ilmiah beserta kaidahnya. Ketidak pahaman tersebut sangat disayangkan mengingat upaya dari pemerintah, instansi pendidikan, termasuk universitas untuk meningkatkan budaya riset kampus. Salah satu upaya penulis dalam meningkatkan budaya riset kampus demi memenuhi tuntutan Tri Dharma perguruan tinggi adalah pemberian pelatihan penulisan pengutipan bagi mahasiswa. Penulis menggunakan metode riset partisipatif dimana mahasiswa dituntut berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang dilakukan selama waktu dua minggu. Hasilnya mahasiswa mampu mengetahui dan mempraktikkan secara langsung menulis ilmiah dan pentingnya menghindari plagiarisme. Penulis menyimpulkan bahwa peningkatan kualitas karya ilmiah mahasiswa harus terus ditingkatkan oleh pihak terkait agar kualitas riset kampus, yang dimulai dari tingkat paling bawah yakni mahasiswa dapat maksimal. Pelatihan yang penulis lakukan tentu tidak sempurna dan perlu kelanjutan untuk semakin meningkatkan kualitas karya ilmiah mahasiswa
Pelatihan manik khas dayak dalam meningkatkan konsentrasi Diana Diana; Muhammad Ali Adriansyah; Muhliansyah Muhliansyah; Anindya Pinasthi Putri
PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Vol 1, No 1 (2019): Volume 1, Nomor 1, Tahun 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/plakat.v1i1.2691

Abstract

Peningkatan konsentrasi dapat dilakukan dengan kegiatan pelatihan kerajinan manik-manik khas dayak. Kerajinan manik-manik khas dayak yang dibuat dengan teknik meronce. Subjek pelatihan ini adalah 30 orang siswa SDN 021 Batu Besaung yang terbagi dalam dua kelompok, yaitu: 15 orang siswa akan diberikan pelatihan manik-manik khas dayak berupa sarung pulpen dan 15 orang siswa akan diberikan pelatihan manik-manik khas dayak berupa gelang. Hasil pelatihan terdapat 12 siswa pada kelompok pelatihan manik sarung pulpen yang mengalami peningkatan tingkat konsentrasi, 2 siswa mengalami tingkat konsentrasi yang tetap, dan 1 siswa mengalami penurunan tingkat konsentrasi. Sedangkan pada siswa yang telah mengikuti pelatihan kerajinan manik-manik khas dayak berupa gelang terdapat 10 siswa yang mengalami peningkatan tingkat konsentrasi dan 5 siswa mengalami tingkat konsentrasi yang tetap. Kesimpulan dari kegiatan ini pelatihan manik dapat meningkatkan konsentrasi siswa.
Mendorong peningkatan daya saing sumber daya manusia kalimantan timur melalui seminar beasiswa wish festival & education expo Rendy Wirawan
PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Vol 1, No 1 (2019): Volume 1, Nomor 1, Tahun 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/plakat.v1i1.2692

Abstract

Disrupsi industri 4.0 yang terjadi sangat cepat dekade ini menuntut persaingan sumber daya manusia yang lebih kompetitif dan adaptif terhadap perubahan. Sebagai upaya menciptakan generasi yang kompetitif dan adaptif tersebut, dibutuhkan strategi baru dengan mendorong generasi muda untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi. Dalam hal ini pendidikan menjadi penting karena efek yang dihasilkan akan mendorong sumber daya manusia tersebut menjadi ujung tombak peradaban suatu bangsa. Dalam rangka mendorong generasi muda menjadi insan yang kompetitif dan adaptif melalui pendidikan tinggi, WISH Festival & Education Expo hadir menjawab tantangan baru ini. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Mata Garuda Kalimantan Timur dan UPT Layanan Internasional Universitas Mulawarman untuk membantu generasi muda mempersiapkan diri melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi melalui sistem pendanaan beasiswa.
Edukasi pemasaran dan branding dalam meningkatkan skill kewirausahaan Kheyene Molekandella Boer; Sarwo Eddy Wibowo; Annisa Wahyuni Arsyad
PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Vol 1, No 1 (2019): Volume 1, Nomor 1, Tahun 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/plakat.v1i1.2693

Abstract

Trend wirausaha kini sudah menyentuh beragam kalangan, salah satunya adalah kalangan remaja. Pengabdian ini menyasar pada siswa-siswi SMK yang berusaha menanamkan soft skill dalam bidang kewirausahaan dengan memiliki beragam produk siap jual. Namun, ketika branding tidak mampu dikonsep dengan baik maka akan berdampak bagi pendapatan penjualan serta kesinambungan dari bisnis yang dijalankan. Pengabdian ini dilatarbelakangi dari pendidikan vokasional merupakan Sekolah Menengah yang memuat di dalamnya pendidikan berdasarkan pada skill dan keterampilan siswa-siswinya. Kegiatan PKM ini dimulai dari pra survey tim PKM ke pihak sekolah, implementasi kegiatan sosisalisasi dan workshop, nilai tambah produk hingga evaluasi produk wirausaha.
Self-Awareness Training untuk Menghadapi Fenomena Pernikahan Dini Elda Trialisa Putri; Arina Yahdini Tazkiyah; Rizki Amelia
PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Vol 1, No 1 (2019): Volume 1, Nomor 1, Tahun 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/plakat.v1i1.2694

Abstract

Semakin meningkatnya fenomena pernikahan dini dan tidak hanya ada dikalangan masyarakat adat tetapi telah merambah di kalangan pelajar sekolah yang mestinya fokus menuntut ilmu dan mengembangkan bakat. Untuk itu di program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan Self Awareness Training untuk menghadapi fenomena pernikahan dini yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman pada remaja tentang pentingnya self-awareness. Agar remaja memiliki kemampuan untuk memahami diri, menentukan hidup, dan menghargai masalah-masalah psikisnya.  Peserta pelatihan ini adalah remaja di lingkungan Kecamatan Palaran yang juga merupakan anggota Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-Remaja) Palaran , yang berjumlah 35 orang. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan bahwa terdapat 20 remaja yang memiliki peningkatan pengetahuan dan pemahaman tentang dampak pernikahan dini, dan 15 remaja memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang dampak pernikahan dini yang tetap setelah mengikuti self-awareness training untuk menghadapi fenomena pernikahan dini.
Sosialisasi pengembangan kepribadian guna peningkatan soft skill pada tempat magang Tuti Wediawati; Fikri Aransyah
PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Vol 1, No 1 (2019): Volume 1, Nomor 1, Tahun 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/plakat.v1i1.2695

Abstract

Seseorang yang professional bekerja pada bidangnya harus pandai menempatkan diri serta pandai memilih dan memilah penyelesaian suatu permasalahan. Kepribadian individu dapat mempengaruhi lingkungannya, pentingnya kepribadian dalam kelancaran proses pekerjaan menjadi hal yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan secara terus menerus untuk menjaga profesionalisme dalam bekerja. Hal ini juga harus dilalui oleh para siswa jurusan pemasaran pada SMKN 1 Samarinda. Keberhasilan kegiatan magang bukan hanya ditunjang oleh kemampuan siswa secara hard Skill tetapi juga ditunjang oleh kemampuan Soft Skillnya. Pengetahuan Soft skill berkaitan erat dengan etika dan kepribadian para siswa selama proses magang berlangsung. Adapun Metode pengabdian masyarakat dalam sosialisasi hal ini dilakukan dengan metode Brainstorming, Problem Based Learning, Discovery Learning dan Praktik. Peserta yang datang berjumlah 35 Siswa/i Program Studi/ Jurusan dan jumlah yang ditargetkan terpenuhi. Evaluasi 85% peserta sosialisasi yang terdiri dari siswa/I program studi/jurusan marketing berpartisipasi secara aktif dalam  kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dalam Pencapaian Standar Nasional Pendidikan Elbadiansyah Elbadiansyah; Muhammad Tommy Fimi Putra
PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Vol 1, No 1 (2019): Volume 1, Nomor 1, Tahun 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/plakat.v1i1.2696

Abstract

Mutu pendidikan di Indonesia sampai saat ini belum sebagaimana apa yang diharapkan, masih banyak satuan pendidikan atau sekolah yang belum memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP), dimana standar kualitas pendidikan yang ditetapkan oleh pemerintah berbeda dengan standar yang dilaksanakan di sekolah, sehingga sebagian besar kualitas yang dihasilkan belum memenuhi standar yang diharapkan. Dalam peningkatan mutu sekolah secara utuh dibutuhkan pendekatan khusus agar seluruh komponen sekolah secara bersama-sama memiliki budaya mutu whole school approach. Untuk itu dibutuhkan sistem penjaminan mutu internal (SPMI) yang akan memastikan bahwa pengelolaan pendidikan dijalankan dengan standar mutu sesuai dengan kebijakan pemerintah. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan pemetaan, perencanaan, pelaksanaan, audit/evaluasi dan selanjutnya menghasilkan mutu baru dalam satuan pendidikan. Hasil yang di dapat seluruh proses pelatihan yaitu pendidikan Sekolah MA’ARIF NU 001 dan MI MA’ARIF NU 003 Samarinda telah sesuai dengan sistem penjaminan mutu internal (SPMI) yang ditetapkan oleh pemerintah. secara sadar, mandiri dan berkesinambungan menjalankan pendidikan yang bermutu sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP).
Seminar “kenakalan remaja, pencegahan dan penanggulangannya” Aulia Suhesty; Agus Setiaji; Rizky Amalia; Mahesa Diaz Wibisono
PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Vol 1, No 1 (2019): Volume 1, Nomor 1, Tahun 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/plakat.v1i1.2697

Abstract

Kenakalan remaja di Kalimantan Timur menempati peringkat ketiga Nasional, Samarinda menempati peringkat ke 1 se Kaltim. Kenakalan remaja juga terjadi di sekolah-sekolah di Samarinda, maka dari itu penting diadakan kegiatan prefentif Seminar Kenakalan remaja, pencegahan dan penanggulangannya sebagai bentuk kepedulian terhadap fenomena tersebut. Metode pengabdian dilakukan dengan cara metode ceramah dan konseling kelompok. Metode caramah dilakukan dengan memberikan penjelasan secara langsung dari narasumber kepada peserta. Konseling kelompok dilakukan dengan membagi peserta ke dalam kelompok-kelompok kecil dan dipandu dengan satu konselor. Hasil kegiatan seminar ini diukur dengan menggunakan angket berupa pertanyaan faktual terkait dengan materi seminar. Hasil dari kegiatan Seminar ini adalah terjadinya peningkatan pengetahuan dan pemahaman siswa tentang kenakalan remaja dan bahayanya dari sebelum diberikan seminar dengan setelah diberikan seminar. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan Seminar Kenakalan remaja, pencegahan dan penanggulangannya dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa tentang kenakalan remaja dan bahayanya.