Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 10 No 2 (2021)

Kemampuan Berpikir Divergen Ditinjau Dari Math Anxiety Dan Gender Pada Pembelajaran Matematika

Ghazian Nurin Izzati (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Semarang)
Stevanus Budi Waluya (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Semarang)
Zaenuri Mastur (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2021

Abstract

Kemampuan berpikir divergen dalam pembelajaran matematika dapat ditinjau melalui gender yang mempengaruhi pola pikir seseorang dan pola pikir dalam menghadapi math anxiety. Artikel ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan mengenai kemampuan berpikir divergen ditinjau dari math anxiety dan gender pada pembelajaran matematika. Penelitian dengan metode literature review. Pencarian database yanga digunakan meliputi Google Scholar, Scopus, Web of Science. Adapun banyak artikel yang dikaji yaitu 15 artikel yang bersumber dari jurnal nasional maupun jurnal internasional. Hasil kajian diperoleh bahwa komponen flexibility di dalam kemampuan berpikir divergen perlu ditingkatkan dengan merancang pemikiran siswa pada proses pembelajaran matematika agar dapat berpikir secara meluas dan kreatif serta mengontrol math anxiety siswa dalam belajar, math anxiety dapat berpengaruh dalam bermatematika karena setiap individu memiliki tingkat kecemasan yang berbeda, dan perempuan mempunyai math anxiety yang lebih tinggi daripada laki-laki. Gender berpengaruh dalam bermatematika karena perempuan dan laki-laki mengontrol pembelajaran matematika dengan kecakapan yang berbeda oleh masing-masing anak melalui motivasi yang diberikan sesuai dengan gender.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

primatika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika discusses problem in mathematics education realm such as problems in teaching and learning of mathematics or methodological problems in the field of research in mathematics education. This journal is provided for writers, teachers, students, professors, and ...