Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
Vol. 11 No. 1 (2021): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat (JITU)

Penerapan Manajemen Kepengawasan Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru Di SDN 017 Bonra Mapilli Barat Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar

Rivai Makduani (IAI DDI Polewali Mandar)
Mahmuddin (IAI DDI Polewali Mandar)



Article Info

Publish Date
29 May 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pelaksanaan manajemen kepengawasan dalam meningkatkan profesionalisme guru di SDN 017 Bonra Mapilli Barat Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar. Sumber data penelitian adalah informan yang ditentukan secara purposive sampling dan yang menjadi key informan adalah pengawas dan informan pendukung adalah kepala sekolah SDN 017 Bonra, komite sekolah, guru SDN 017 Bonra dan staf administrasi SDN 017 Bonra. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil analisis memberikan informasi bahwa SDN 017 Bonra telah menerapkan manajemen kepengawasan dengan melakukan kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi pengawasan dalam meningkatkan profesionalisme guru, dimana perencanaan pengawasan dalam meningkatkan profesionalis guru di SDN 017 Bonra dilaksanakan melalui rapat kerja sekolah atau musyawarah warga sekolah, dengan melibatkan wakil kepala sekolah, pengawas, guru-guru dan komite sekolah, pengoranisasian sumberdaya untuk pelaksanaan pengawasan guru di SDN 017 Bonra mencakup pembagian tugas, pembuatan jadwal, dan penyediaan biaya untuk mendukung pelaksanaan rencana supervisi pendidikan di SDN 017 Bonra, pelaksanaan pengawasan terhadap guru melalui kegiatan kunjungan kelas, bimbingan individual dan supervisi klinis dengan tindak lanjut pembinaan kegiatan lesson study sebagi forum pembinaan dan peningkatan keterampilan mengajar para guru, dan evaluasi atas pelaksanaan rencana supervisi pendidikan di SDN 017 Bonra adalah untuk memastikan terlaksananya program dengan baik atau masih belum terlaksana dikarenakan berbagai faktor yang ada dalam pelaksanaan pengawasan dalam meningkatkan profesionalisme guru di SDN 017 Bonra yang sekaligus berfungsi memajukan pendidikan di SDN 017 Bonra. Pengawasan supervisi pendidikan di SDN 017 Bonra didasarkan kepada pembuatan laporan kegiatan supervisi pendidikan yang dilaksanakan setiap bulan berdasarkan atas rencana pendidikan yang ditetapkan sebelumnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jitu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. Tadris Journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on education and teacher training, especially in the Muslim ...