AbstrakPerkembangan motorik pada anak Taman Kanak-kanak lebih terfokus padapenyempurnaan perkembangan keterampilan motorik kasar dan halusnya. Banyak anak menjadi tidak percaya diri dan merasa dikucilkan dari kelompoknya akibatdari keterampilan motoriknya yang tidak berkembang dengan baik. Fisik motorikanak dapat dipacu dengan berbagai macam cara, diantara salah satunya denganpembelajaran tari. Tujuan penelitian: Untuk mendiskripsikan dan menjelaskanproses pengembangan fisik motorik anak dalam pembelajaran tari. Penelitian inimempergunakan metode kualitatif, pengumpulan data berupa observasi, dokumentasidan wawancara. Hasil penelitian: 1) Proses pembelajaran tari menggunakan metodeImitasi dan metode Demonstrasi, 2) Proses pengembangan fisik motorik ketika anakmelakukan gerakan tari. Saran: agar kegiatan pembelajaran tari sebagai kegiatanpembelajaran Intra kurikuler dapat ditingkatkan.abstractMotor development of children in early childhood were more focused on the improvement of thegross and fine motor skills development. Many Children become not confident and feel isolatedfrom their peers as a result of their motor skills are not developed well. Physical child’s motorcan be driven in various ways, among the one with the dance learning The objectives of theexperiment are to describe and explain process of children’s physical motor Development in dancelearning. This study uses qualitative approach with observation, documentation, and interviewmethod for collecting data. Results: 1) Physical motor development process in dance learninguses imitation and demonstration method, 2) The process of physical motor Development whenthe Children doing dance movements. Suggestion: Dance learning activity in kindergarten asintra curricular learning activity has to be increased.
Copyrights © 2014