cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Journal of Primary Education
ISSN : 22526404     EISSN : 25024515     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal of Primary Education publishes research articles results and conceptual studies in field of elementary mathematics education, science, Indonesian languange and social studies for primary education level. Journal of Primary Education publishes research studies employing a variety of qualitative and/or quantitative methods and approaches in the field of primary education.
Arjuna Subject : -
Articles 744 Documents
Profile of Science Literacy Skill Domain Knowledge of SMPN 2 Bua Ponrang Yanti, Rosmalah; Prihatin, Titi; Khumaedi, Khumaedi
Journal of Primary Education Vol 7 No 1 (2018): April 2018
Publisher : Journal of Primary Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (492.97 KB)

Abstract

The assumptions of the intelligent category of students in society are still based on the assessment of knowledge despite authentic assessment. This study aims to describe the science literacy ability of grade VII students of SMPN 2 Bua Ponrang in the knowledge domain consisting of procedural knowledge, epistemic knowledge, and content knowledge. The research method used descriptive quantitative. The sample is determined by using simple random sampling with the number of sample counted 31person. The results showed procedural knowledge of 37, 34%, epistemic knowledge of 34,91% and content knowledge of 27,94%. Maximum score obtained is 55, an average value of 39.77 and a minimum score of 20. It can be concluded improve the ability of science literacy, especially in the domain of knowledge. This research is hoped to give thought contribution in solving science literacy problem so that it can inspire to design activities and factors that can improve science literacy ability.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SAINS DENGAN MEDIA FOTONOVELA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD/MI Rahma, Alina Dwi; Sulhadi, Sulhadi; Sumarti, Sri Susilogati
Journal of Primary Education Vol 5 No 1 (2016)
Publisher : Journal of Primary Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.12 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran sains dengan media fotonovela untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep peserta didik. Subjek penelitian berjumlah 24 peserta didik.Metode penelitian menggunakan Mixed Methods desain sequential explanatory. Tahap pertama metode kuantitatif,One-group Pretest-posttest design untuk memperoleh data keefektifan media fotonovela, motivasi belajar, dan pemahaman konsep. Tahap kedua metode kualitatif untuk memperdalam data kuantitatif. Data motivasi belajar dan pemahaman konsep dikumpulkan dengan kuesioner dan pretest-posttest. Uji validitas kuesioner dan tes dianalisis menggunakan validitas isi yang dikonsultasikan dengan ahli. Uji reliabilitas kuesioner dan tes dilakukan dengan menggunakan Alpha Cronbach dan KR-20. Uji hipotesis menggunakan one sample t-test dan uji gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatanmotivasi belajar dan pemahaman konsep peserta didik. Hasil uji hipotesis keefektifan media fotonovela diperoleh  = 0.9105. Hasil uji gain motivasi belajar diperoleh  = 0.05. Hasil uji gain pemahaman konsep diperoleh  = 0.3. Hasil ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran sains dengan media fotonovela efektif dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep peserta didik.
PENGARUH KEMAMPUAN KOGNITIF, KREATIVITAS, DAN MEMECAHKAN MASALAH TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA SD Hanifah, Desty Putri; Marwoto, Putut; Sugianto, Sugianto
Journal of Primary Education Vol 5 No 1 (2016)
Publisher : Journal of Primary Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.169 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan kognitif, kreativitas, dan memecahkan masalah terhadap sikap ilmiah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode kausal dan teknik analisis jalur. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) kemampuan kognitif berpengaruh secara langsung sebesar 10,43% terhadap kemampuan kreativitas, 4,49% terhadap kemampuan memecahkan masalah, dan 1,96% terhadap sikap ilmiah; 2) kemampuan kreativitas berpengaruh langsung sebesar 6% terhadap kemampuan memecahkan masalah dan 5,06% terhadap sikap ilmiah; 3) kemampuan kognitif berpengaruh secara tak langsung sebesar 12,4% terhadap kemampuan memecahkan masalah melalui kemampuan kreativitas, serta berpengaruh tak langsung sebesar 9,23% terhadap sikap ilmiah melalui kemampuan kreativitas. Kemampuan memecahkan masalah tidak berpengaruh terhadap sikap ilmiah siswa dikarenakan siswa SD belum mencapai tahap memecahkan masalah yang sesungguhnya. Mereka masih harus dibantu guru sehingga pencapaian kemampuan memecahkan masalahnya dapat optimal. Kemampuan kognitif sangat penting bagi kemampuan lainnya. Kemampuan kognitif yang diperkuat dengan kreativitas dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan sikap ilmiah. Tercapainya sikap ilmiah menunjukkan salah satu indikator keefektifan pembelajaran sains.
PENGARUH IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP DISIPLIN TERHADAP PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA SD Sujarwo, Bambang; Suhandini, Purwadi; Sunarso, Ali
Journal of Primary Education Vol 5 No 1 (2016)
Publisher : Journal of Primary Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.109 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikanimplementasi pendekatan saintifik, keterampilan berpikir kritis dan sikap disiplin terhadap penyelesaian masalah matematika di SD. Hasil penelitianada pengaruh positif dan signifikan: 1) implementasi pendekatan saintifik terhadap penyelesaian masalah matematika sebesar 51,1%, 2) sikap disiplin terhadap penyelesaian masalah matematika sebesar 25,8 %, 3) implementasi pendekatan saintifik terhadap keterampilan berpikir kritis sebesar 47,4%, 4) sikap disiplin terhadap keterampilan berpikir kritis sebesar 19,1%, 5) keterampilan berpikir kritis terhadap penyelesaian masalah matematika sebesar 60,7%, 6) implementasi pendekatan saintifik terhadap penyelesaian masalah matematika  dimediasi keterampilan berpikir kritis sebesar 71,8%, dan 7) sikap disiplin terhadappenyelesaian masalah matematika dimediasi keterampilan berpikir  kritis sebesar 63,6%.Disarankan agar menerapkan pendekatan saintifik dan sikap disiplin dengan konsep berpikir kritis pada kurikulum pendidikan dewasa ini agar siswa dapat memperoleh kemampuan penyelesaian masalah matematika yang baik sehingga dapat digunakan pada kehidupan sehari-hari mereka.
PEMBELAJARAN MERINGKAS ISI BUKUDENGAN MODELCIRC DAN LATIHAN PENELITIANBERDASAR KREATIVITAS VERBAL PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR Susilo, Budi; Zulaeha, Ida; Subyantoro, Subyantoro
Journal of Primary Education Vol 5 No 1 (2016)
Publisher : Journal of Primary Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.616 KB)

Abstract

Guna membuktikan keefektifan model Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC)dan Latihan Penelitian pada pembelajaran  meringkas isi buku terhadap peserta didik yang berkreativitas  Verbal berbeda serta menjelaskan adanya interaksi antara kedua perlakuan tersebut. Disain penelitian termasuk jenis quasi experiment dengan desain pemasangan subjek melalui tes awal-tes akhir pada kelas eksperimen.  Sampel penelitian ini adalah kemampuan meringkas isi buku peserta didik  kelas VB SD Negeri Pakis 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VA SD Negeri Bawang1 sebagai kelas eksperimen 2. Pengumpulan data menggunakan teknik tes hasil belajar,  observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah  ANOVA (Analysis of Variance) 2x2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  dalam pembelajaran meringkas isi buku (1) model CIRC efektif bagi peserta didik berkreativitas verbal rendah dan tinggi, dengan nilai 72,38 dan 87,42; (2) model Latihan Penelitian lebih efektif digunakan bagi peserta didik yang berkreativitas verbal tinggi, dengan nilai 79,24; (3) nilai rata-rata peserta didik pada pembelajaran dengan model CIRC lebih tinggi daripada Latihan Penelitian, yaitu 79,00>74,79. Kesimpulannya, dalam pembelajaran meringkas isi buku, CIRC lebih efektif daripada Latihan Penelitian dalam interaksinya dengan perbedaan kreativitas verbal peserta didik.
VALIDITAS PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERVISI SETS Farda, Ummu Jauharin Farda Jauharin; Binadja, Achmad; Purwanti, Eko
Journal of Primary Education Vol 5 No 1 (2016)
Publisher : Journal of Primary Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.799 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar cetak IPA bervisi SETS yang memenuhi kriteria valid. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini Research and Development (R&D) dari empat tahap yang disederhanakan menjadi tiga tahap, yaitu; (1) pendefinisian (define), (2) perancangan (design), dan (3) pengembangan (development). Subyek penelitian ini siswa kelas IV SDN Kalibanteng Kidul 03. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, observasi, angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.  Hasil pengembangan bahan ajar cetak valid. Skor validasi dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam penelitian pengembangan bahan ajar cetak IPA SD bervisi SETS, disarankan; bahan ajar cetak IPA bervisi SETS dalam kompetensi sumber daya alam telah dikembangkan dengan hasil valid, maka perlu dilakukan uji coba dalam skala lebih luas dan guru dapat menggunakan bahan ajar cetak IPA bervisi SETS sebagai suplemen untuk proses pembelajaran.
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI MEDIA DADU DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MATEMATIKA BAGI ANAK USIA DINI Rohmah, Naili; Rustono, Rustono; Rifa’i, Achmad
Journal of Primary Education Vol 5 No 1 (2016)
Publisher : Journal of Primary Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.568 KB)

Abstract

Tujuan penelitian1) menganalisis hasil belajar kemampuan matematika antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol; 2) menganalisis keefektifan model pembelajaran kooperatif melalui media dadu dalam pengembangan kemampuan matematika bagi anak usia dini; dan 3) memaparkan respons anak-anak terhadap model pembelajaran kooperatif melalui media dadu dalam pengembangan kemampuan matematika bagi anak usia dini.Desain peneitian yang digunakan adalah quasi eksperimental designtipe nonequivalent control group design. Hasil Penelitian penelitian: 1) hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding kelompok kontrol; 2) model pembelajaran kooperatif lebih efektif daripada model konvensional; dan 3) anak-anak lebih banyak memberikan respons positif terhadap pembelajaran kooperatif melalui media dadu. Disarankan dilakukan penelitian lanjutan terkait pengembangan kemampuan menyebut bentuk geometri dan membedakan kemampuan matematika antara anak-anak yang menggunakan model berkelompok dengan model individual.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SAINS DENGAN MEDIA FOTONOVELA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD/MI Wijayanti, Sri; Isnarto, Isnarto; Masrukan, Masrukan
Journal of Primary Education Vol 5 No 1 (2016)
Publisher : Journal of Primary Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.759 KB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal di kelas V SDN 3 Sedayu, Grobogan ditemukan permasalahan rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan potensi kewirausahaan siswa. Tujuan penelitian ini yaitu mendesain perangkat pembelajaran matematika menggunakan model PjBL dengan pendekatan matematika realistik yang terdiri dari silabus, RPP, LKS, bahan ajar, dan soal TKPM yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model Borg and Gall yang secara garis besar meliputi: 1) studi pendahuluan, 2) perencanaan desain, and 3) pengembangan. Penelitian ini menghasilkan perangkat berupa silabus, RPP, bahan ajar, LKS, dan soal TKPM. Validasi terhadap perangkat pembelajaran menyatakan bahwa perangkat pembelajaran valid. Kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh dari pencapaian kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran, respon guru terhadap perangkat, dan respon siswa terhadap pembelajaran tergolong ke dalam kategori sangat baik. Keefektifan pembelajaran ditunjukkan dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 81,25% dan berdasarkan uji beda rata-rata menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen meningkat berdasarkan uji N-Gain sebesar 0,64 atau dengan kriteria sedang. Potensi kewirausahaan siswa kelas eksperimen meningkat berdasarkan skor rata-rata hasil pengamatan telah mencapai kriteria baik. Simpulan dari penelitian ini yaitu bahwa perangkat PjBL dengan pendekatan matematika realistik valid, praktis, dan efektif. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu perlu adanya penelitian lebih lanjut sebagai pengembangan dari penelitian ini pada materi pokok yang lain.
ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SD MENGGUNAKAN TWO-TIER TEST MELALUI PEMBELAJARAN KONFLIK KOGNITIF Suryani, Ela Suryani; Rusilowati, Ani; Wardono, Wardono
Journal of Primary Education Vol 5 No 1 (2016)
Publisher : Journal of Primary Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (576.313 KB)

Abstract

Pemahaman konsep IPA siswa SD menjadi tonggak penguasaan konsep IPA pada jenjang pendidikan selanjutnya. Ketercapaian pemahaman konsep siswa dapat dilakukan melalui pembelajaran konflik kognitif dengan alat evaluasi two-tier test. Penelitian ini bertujuan menganalisis keefektifan pembelajaran konflik kognitif dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA pada siswa SD. Jenis penelitian menggunakan true experimental dengan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N Srondol Wetan 02, Semarang. Hasil penelitian menunjukkan melalui pembelajaran konflik kognitif mencapai ketuntasan klasikal 90%, rata-rata pemahaman konsep dan peningkatan pemahaman konsep lebih baik daripada pembelajaran ekspositori, dan kualitas pembelajaran dalam kategori sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran konflik kognitif efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA pada siswa SD. Saran penelitian ini yaitu : 1) memperhitungkan alokasi waktu pembelajaran dengan cermat, 2) guru memperhatikan konsepsi awal siswa, dan 3) two-tier test tidak hanya terbatas pada konsep sifat-sifat cahaya.
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI BIOTEKNOLOGI Sumaryatun, Sumaryatun; Rusilowati, Ani; Nugroho, Sunyoto Eko Nugroho Eko
Journal of Primary Education Vol 5 No 1 (2016)
Publisher : Journal of Primary Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.575 KB)

Abstract

Kurikulum 2013 mempersyaratkan penggunaan penilaian autentik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik dan menentukan kepraktisan instrumen, serta menjelaskan profil kemampuan literasi sains peserta didik materi bioteknologi. Jenis penelitian adalah research and development. Subjek penelitian terdiri atas subjek yang berperan sebagai validator terhadap hasil pengembangan/produk yaitu dosen dan guru, serta subjek pemakai produk yaitu peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) karakteristik instrumen penilaian autentik berdasarkan empat aspek literasi, yaitu sains sebagai batang tubuh pengetahuan, cara bepikir, cara menyelidiki, dan interaksi sains, teknologi, dan masyarakat dinyatakan valid dan reliabel dengan koefisien reliabilitas 0,99; (2) kepraktisan instrumen penilaian autentik menunjukkan kriteria respons peserta didik sangat baik (94,69%), respons guru baik (75%); (3) Profil kemampuan literasi sains peserta didik menunjukkan, sains sebagai cara menyelidiki 8,68%; cara berpikir 26,12%; interaksi antara sains, teknologi, dan masyarakat 35,07%; dan sebagai batang tubuh pengetahuan 67,58%. Simpulan dari penelitian ini adalah instrumen penilaian autentik berbasis literasi sains materi bioteknologi yang meliputi empat aspek literasi sains, tergolong kategori sangat layak digunakan dengan reliabiitas sangat tinggi. Instrumen penilaian mudah digunakan, tidak memberikan beban tambahan bagi guru dan peserta didik. Profil kemampuan literasi sains peserta didik materi bioteknologi menunjukkan hasil yang kurang baik dengan penguasaan terendah pada aspek sains sebagai cara untuk menyelidiki.

Page 1 of 75 | Total Record : 744