Journal of Primary Education
Vol 5 No 1 (2016)

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SAINS DENGAN MEDIA FOTONOVELA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD/MI




Article Info

Publish Date
23 Feb 2017

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal di kelas V SDN 3 Sedayu, Grobogan ditemukan permasalahan rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan potensi kewirausahaan siswa. Tujuan penelitian ini yaitu mendesain perangkat pembelajaran matematika menggunakan model PjBL dengan pendekatan matematika realistik yang terdiri dari silabus, RPP, LKS, bahan ajar, dan soal TKPM yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model Borg and Gall yang secara garis besar meliputi: 1) studi pendahuluan, 2) perencanaan desain, and 3) pengembangan. Penelitian ini menghasilkan perangkat berupa silabus, RPP, bahan ajar, LKS, dan soal TKPM. Validasi terhadap perangkat pembelajaran menyatakan bahwa perangkat pembelajaran valid. Kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh dari pencapaian kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran, respon guru terhadap perangkat, dan respon siswa terhadap pembelajaran tergolong ke dalam kategori sangat baik. Keefektifan pembelajaran ditunjukkan dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 81,25% dan berdasarkan uji beda rata-rata menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen meningkat berdasarkan uji N-Gain sebesar 0,64 atau dengan kriteria sedang. Potensi kewirausahaan siswa kelas eksperimen meningkat berdasarkan skor rata-rata hasil pengamatan telah mencapai kriteria baik. Simpulan dari penelitian ini yaitu bahwa perangkat PjBL dengan pendekatan matematika realistik valid, praktis, dan efektif. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu perlu adanya penelitian lebih lanjut sebagai pengembangan dari penelitian ini pada materi pokok yang lain.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpe

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Primary Education publishes research articles results and conceptual studies in field of elementary mathematics education, science, Indonesian languange and social studies for primary education level. Journal of Primary Education publishes research studies employing a variety of ...