Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Vol. 8 No. 1 (2022): Pendidikan dan Studi Islam

STUDI ISLAM DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGIS

Nur Maziyah Ulya (Politeknik Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan studi Islam dengan pendekatan psikologis. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Dalam memperoleh data, penulis menggunakan metode literatur. Sumber data dalam penelitian ini meliputi berbagai sumber tertulis seperti literatur pendidikan dan beberapa sumber yang terkait dengan penelitian ini. Teknik pengolahan data dilakukan dengan pendeskripsian dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: Studi Islam yang menggunakan ilmu, konsep, atau teori ilmu psikologi mempunyai dua karakteristik dasar yaitu : pertama, pendekatan kuantitatif, yaitu pendekatan psikologis yang berusaha menyamai ketelitian ilmu-ilmu alam dalam kaitannya dengan pembentukan dan pengujian teori. Pendekatan ini berintikan eksperimen dan analisis matematis. Seperti psikologi fisiologis, psikologi behaviorisme, psikologi kognitif, psikologi sosial. Kedua, psikologi kualitatif, yaitu pendekatan yang menitikberatkan pada penelitian masyarakat dalam suatu latar ilmiah, di mana peneliti turut serta dalam berbagai objek penelitian. Seperti psikoanalisis, psikologi objek relasi, psikologi humanistik, psikologi transpersonal. Kedua pendekatan ini sama-sama menunjukkan minat pada penelitian agama dan selalu memberikan nilai-nilai positif terhadap agama. Kata Kunci: Studi Islam, Pendekatan Psikologis

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Risalah

Publisher

Subject

Education

Description

Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies Wiralodra University Indonesia. Focus of Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is on publishing original empirical research articles and theoretical reviews of Islamic education and Islamic Studies. The ...