Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching
Vol 3 No 1 (2014)

PENERAPAN METODE IMLA’ UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS VIIC MTs MUHAMMADIYAH 02 PEMALANG




Article Info

Publish Date
30 Oct 2014

Abstract

Kemahiran menulis merupakan salah satu jenis kemampuan berbahasa yang ingin dicapai dalam pengajaran bahasa Arab. Mengingat pentingnya fungsi bahasa sebagai alat komunikasi, maka pembelajaran menulis bahasa Arab menjadi sangat penting. Karena menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang digunakan dalam komunikasi secara tidak langsung Akan tetapi dalam kenyataannya, siswa masih banyak menemukan kesulitan dalam pembelajaran menulis bahasa Arab. Penyebab kesulitan yang dihadapi siswa antara lain karena kebanyakan dari siswa berasal dari SD yang belum mengecap Bahasa Arab dan belum pernah mempelajarinya. Oleh karena itu, perlu ada alternatif metode yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengungkapkan gagasan atau pikiran melalui tulisan. Salah satunya adalah penerapan metode Imla’. guru berperan sebagai fasilitator serta motivator. Pembelajaran didesain menarik melalui variasi teknik pembelajaran. Sehingga siswa mudah dalam pembelajaran menulis bahasa Arab.   Proficiency in writing is one type of proficiency to be achieved in the teaching of Arabic. Given the importance of the function of language as a communication tool, it is learning to write Arabic is very important. Because writing is one of the language skills that are used in communication indirectly However, in reality, many students still find difficulty in learning to write Arabic. The cause of the difficulties faced by students in part because most of the students come from elementary school who have not experienced Arabic and has never been studied. Therefore, there needs to be an alternative method that provides an opportunity for students to express ideas or thoughts through writing. One is the application of methods of dictation '. teachers act as facilitators and motivators. Learning through a variety of techniques designed to draw lessons. So that the student is in the learning of Arabic writing.

Copyrights © 2014