Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 4, No 4 (2016): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Peningkatan Ketrampilan Siswa Membaca Nyaring Melalui Metode Latihan Terbimbing Pada Siswa Kelas III SDN Paranonge

Bindas, Nurina T. ( FKIP UNTAD)
Barasandji, Sahrudin (Unknown)
Efendi, Efendi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2014

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah metode latihan terbimbing dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca di kelas III SDN Parannge. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan penerapan metode latihan terbimbing dalam meningkatkan kemampuan siswa membaca di Kelas III SDN Paranonge. Rancangan PTK mengacu mengacu pada model Kurt Lewin dilaksanakan secara bersiklus. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, data kuantitatif diperoleh dari hasil evaluasi pembelajaran siswa sedangkan data kualitatif diperoleh dari kegiatan proses pembelajaran di kelas. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I siswa yang tuntas belajar sebanyak 8 orang dengan presentase ketuntasan klasikal mencapai 32 %. Belum memenuhinya standar KKM yaitu 80% maka dilanjutkan Siklus II, pada siklus ini ketuntasan siswa lebih tinggi dibanding siklus I yaitu mencapai 88 % yaitu dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 22 orang dari 25 orang siswa. Peningkatan kemampuan siswa dalam belajar didukung oleh penggunaan metode latihan terbimbing dengan baik sehingga dapat memotivasi dan menarik minat siswa dalam belajar. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan penggunaan metode latihan secara terbimbing dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca Nyaring di SDN Paranonge. Kata Kunci: Kemampuan Membaca Nyaring dan Metode Latihan Terbimbing.

Copyrights © 2016