Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Gaya Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Siswa Kelas IV SDN 1 Siwalempu

Rafika, Rafika ( FKIP UNTAD)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar IPA melalui metode eksperimen pada siswa kelas IV SDN 1 Siwalempu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan  kelas yang dilaksanakan secara bersiklus. Pembelajaran ini dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu tahap awal, tahap inti yang terdiri dari tiga fase yaitu fase eksplorasi, fase pengenalan konsep, fase aplikasi konsep dan tahap akhir. Selama  kegitan belajar mengajar, siswa telah melaksanakan aktifitas dengan baik seperti memperhatikan penjelasan guru/teman kelompok, siswa membaca LKS, bekerja dengan menggunakan alat peraga secara bersama-sama mencatat yang relevan dengan pembelajaran. Dalam hal ini aktivitas guru juga telah dilaksanakan dengan baik, seperti memberikan materi dengan menggunakan alat peraga, melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran, mengamati kegitan siswa, memberi petujuk/bimbingan, memberimotivasi dan mengajukan pertanyaan. Tingkat pencapaian konsep gaya dengan menggunakan metode eksperimen mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Siwalempu pada setiap akhir pembelajaran tersebut dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I ketuntasan konsep gaya klasikal 43,33%, aktivitas belajar siswa 60% dan aktivitas guru 70%. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu ketuntasan konsep gaya klasikal 83,34%, aktivitas belajar siswa 82,25% dan aktivitas guru 95%. Dengan demikian penerapan pembelajaran metode eksperimen pada konsep gaya dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN 1 Siwalempu. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Metode Eksperimen, Konsep Gaya

Copyrights © 2016