DINAMIKA: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman
Vol. 7 No. 1 (2022): Juni

Hadis-Hadis Tentang Dosa Bagi Penghafal Al-Qur’an yang Lupa dalam Perspektif Teori Konstruksi Sosial

Nanang Qosim (Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang)
M Aliyul Wafa (Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

This research is focused to answer the problem that exist in this research, those are; (a) How is the understanding of the members of the Hai'ah Tahfidz al-Qur'an (HTQ) on the hadiths about sin for the forget Qur'an memorizer by the perspective of social construction theory. (b) How the implications of hadiths about sin for the forget Al-Qur’an memorizer among the members of the Hai'ah Tahfidz al-Qur'an (HTQ). In conducting the preparation of this research, the researcher used the type of qualitative research with sociological approach, using social construction theory. Social construction is a contemporary sociological theory that was coined by Peter L. Berger and Thomas Luckman. The findings of this research are the construction of the understanding of the members of the Hai'ah Tahfidz al-Qur'an (HTQ) about the hadiths of sin for the forget Al-Qur'an memorizers which can be classified into two models of understanding, those are textualist and contextualist. Implications of the hadiths of sin for the forget Al-Qur'an memorizer for the members of the Hai'ah Tahfidz Al-Qur'an have two features and responses, those are as constraints or barriers, and motivation. Other findings in this study conclude that the level of knowledge distinguishes how to understand and respond and also take steps for members of the Hai'ah Tahfidz al-Qur'an in understanding the hadiths about sin for the forget Al-Qur'an memorizer. In addition, beside the factor of understanding the hadith, a strong commitment and encouragement from the family also affect them to memorize Al-Qur’an. Penelitian ini difokuskan untuk menjawab masalah yang ada dalam penelitian ini yaitu; (a) Bagaimana pemahaman anggota Hai’ah Tahfidz al-Qur’an (HTQ) terhadap hadis-hadis tentang dosa bagi penghafal al-Qur’an yang lupa dalam perspektif teori konstruksi sosial. (b) Bagaimana implikasi hadis-hadis tentang dosa bagi penghafal al-Qur’an yang lupa terhadap menghafal al-Qur’an, di kalangan anggota Hai’ah Tahfidz al-Qur’an (HTQ). Dalam melakukan penyusunan penelitian tesis ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan sosiologi, menggunakan teori konstruksi sosial. Konstruksi sosial merupakan sebuah teori sosiologi kontemporer yang dicetuskan oleh Peter L. Berger dan Thomas Luckman. Temuan dalam penelitian ini adalah konstruksi pemahaman anggota Hai’ah Tahfidz al-Qur’an (HTQ) tentang hadis-hadis dosa bagi penghafal al-Qur’an yang lupa dapat diklasifikasikan menjadi dua model pemahaman, yaitu tekstualis, dan kontekstualis. Implikasi hadis-hadis dosa bagi penghafal al-Qur’an yang lupa bagi anggota Hai’ah Tahfidz Al-Qur’an memiliki dua corak dan respon, yakni sebagai kendala atau penghalang, dan motivasi. Temuan lain dalam penelitian ini menyimpulkan bahwa tingkat pengetahuan membedakan cara memahami dan merespon serta mengambil langkah bagi anggota Hai’ah Tahfidz al-Qur’an dalam memahami hadis-hadis tentang dosa bagi penghafal al-Qur’an yang lupa. disamping faktor memahami hadis tersebut, sebuah komitmen yang kuat dan dorongan dari keluarga untuk menghafal al-Qur’an juga mempengaruhi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dinamika

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Dinamika merupakan Jurnal Pendidikan dan Keislaman (P-ISSN : 2597-4858 / E-ISSN: 2548-6896) yang diterbitkan oleh Fakultas Pendidikan Islam Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas ...