cover
Contact Name
Hilyah Ashoumi
Contact Email
hilyahashoumi@gmail.com
Phone
+62321-853533
Journal Mail Official
dinamika.unwaha@gmail.com
Editorial Address
Jl. Garuda No. 09 Jombang, Jawa Timur
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
DINAMIKA: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman
ISSN : 25974858     EISSN : 25486896     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Dinamika merupakan Jurnal Pendidikan dan Keislaman (P-ISSN : 2597-4858 / E-ISSN: 2548-6896) yang diterbitkan oleh Fakultas Pendidikan Islam Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang
Articles 91 Documents
Keutamaan Makan Sahur dengan Tamar (Kurma) (Kajian Kontekstual Hadits Abu Dawud) Nurul Hidayah
DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman Vol 1 No 1 (2016): Desember
Publisher : Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.172 KB) | DOI: 10.32764/dinamika.v1i1.101

Abstract

Pemahaman umat Islam dalam menafsirkan hadist terkadang masih secara tekstual, belumsecara kontekstual terutama pada hadist yang mengandung majaz. Sehingga mengamalkanperintah yang terkandung dalam hadist tersebut menjadi sebuah keutamaan. Artikel inimembahas mengenai keutamaan makan sahur dengan menggunakan tamar (Kurma). Tujuanyang hendak dicapai penulis yaitu untuk mengetahui makna secara kontekstual yangterkandung dalam hadist Abu Dawud. Metode yang digunakan penulis yaitu metodekuantitatif. Adapun langkah kajian yang ditempuh oleh peneliti untuk mencapai tujuantersebut yaitu kajian secara linguistik, tematis komprehensif, konfirmatif, realitas historis,generalisasi, dan praksis. Secara kontekstual, hasil yang diperoleh penelitiyaitu anjuranmakan sahur bukan hanya untuk mencegah haus dan lapar melainkan karena pada saatsahur Allah dan para malaikat bershalawat kepada orang-orang yang melaksanakan sahur,meskipun hanya dengan seteguk air. Rasulullah menganjurkan umatnya untuk bersahurdengan makan kurma atau makanan yang manis-manis bergizi yang dapat menjadi energiketika menjalankan ibadah puasa.Kata Kunci: Keutamaan, Sahur, Kurma, Kontekstual, Hadist.
Belajar dengan Sang Singa Moh. Waslah
DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman Vol 1 No 1 (2016): Desember
Publisher : Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.435 KB) | DOI: 10.32764/dinamika.v1i1.102

Abstract

Judul tulisan ini disengaja dengan maksud untuk mencakup ragam kebutuhan dan obyek  belajar. Satu sisi bisa berarti belajar kepada hewan singa, atau belajar kepada obyek  sumber yang mendapatkan label masyarakat dengan singa disebabkan karena memilliki sifat-sifat keperkasaaan layaknya singa dan bisa juga belajar kepada sebuah sistem yang dimiliki oleh negeri yang menggunakan simbol singa. Tulisan ini dimasudkan untuk memberikan wawasan pengertian kepada kita untuk mengambil pelajaran dalam meningkatkan peran yang kita sandang dalam keseharian.
Pendayagunaan Lingkungan Sekolah Religius untuk Memaksimalkan Pencapaian Kurikulum PAI Hilyah Ashoumi
DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman Vol 1 No 1 (2016): Desember
Publisher : Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.206 KB) | DOI: 10.32764/dinamika.v1i1.103

Abstract

Lingkungan sekolah dapat diartikan segala sesuatu yang tampak dan terdapat di sekolah, baik itu alam sekitar maupun setiap individu yang berada di dalamnya. Iklim belajar yang kondusif harus ditunjang oleh berbagai fasilitas belajar yang menyenangkan seperti: sarana, laboratorium, pengaturan lingkungan, penampilan dan sikap guru, hubungan yang hormonis antara peserta didik dengan guru dan antara peserta didik itu sendiri, serta penataan organisasi dan bahan pembelajaran secara tepat, sesuai dengan kemampuan dan perkembangan peserta didik.Pendayagunaan Lingkungan Sekolah yang Religius untuk Memaksimalkan Kurikulum PAI sangat dipengaruhi model penerapan nilai yang mendasarinya, yakni penciptaan budaya religius yang bersifat vertikal dan horizontal. Secara lebih terperinci, pengembangan PAI dalam mewujudkan budaya religius sekolah, menurut Muhaimin dapat dilakukan melalui empat pendekatan: struktural, formal, mekanik dan organik. Sedangkan, Strategi perwujudan budaya religius sebagai perwujudan pengembangan PAI di sekolah, meliputi: Penciptaan suasana religius, Internalisasi Nilai, Keteladanan, Pembiasaan.
Silaturrahim Perspektif Filsafat Islam (Ontologi, Epistemologi, Aksiologi) M. Dzikrul Hakim Al Ghozali
DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman Vol 1 No 1 (2016): Desember
Publisher : Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.947 KB) | DOI: 10.32764/dinamika.v1i1.104

Abstract

Gathering(silaturrahim) in a language derived from two words namely silah (relationship) and Rahim (Rahim women) that have meaning nasab Relations, as the verse above says al-Arham (womb) is defined as the gathering(silaturrahim). But in essence the relationship is not just a relationship nasab, but further than that relationships among Muslims is part of silaturrahmi, so God mengibarat the Muslims like one body. As the word of God. "Indeed the believers are brothers, therefore make peace between your brothers and fear Allah, that ye may obtain mercy." (Al-Hujurat [49]: 10). Fraternal relationship is what makes the fellow Muslims have an obligation to help each other, mutual respect, to visit when sick, drove up to the grave when he died, pray for one another, each denounced the ban, menghasud and others.Keywords: Philosophy and Gathering(silaturrahim).
Implikasi Aliran Filsafat Pendidikan dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Ali Muttaqin
DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman Vol 1 No 1 (2016): Desember
Publisher : Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.271 KB) | DOI: 10.32764/dinamika.v1i1.105

Abstract

Islamic education phenomenon with its kinds and shapes has good philosophic evidence. Philosophy of education is application of philosophyc ideas in education which has essential values to aim the purpose and the performance of Islamic education. Generally, the tendencies in philosophy had created the typology of Islamic education philosophy. Its tendencies influenced the development Islamic education curriculum. This paper tries to explain the tendency of education philosophy which influenced Islamic education curriculum.Keyword : Philosophy , Islamic education curriculum
Problematika Qiraat Al-Qur'an: Pintu Masuk Munculnya Kajian Bahasa Arab Afif Kholisun Nashoih
DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman Vol 1 No 1 (2016): Desember
Publisher : Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.897 KB) | DOI: 10.32764/dinamika.v1i1.106

Abstract

Dalam sejarahnya, ragam qira>at al-Qur’a>n menjadi permasalahan yang cukup pelik, hingga menimbulkan konflik di antara para umat Islam. Perbedaan tersebut disebabkan karakteristik aksara Arab yang pada saat itu sulit dibedakan antara huruf-huruf dengan kesamaan bentuk, dan belum mengenal tanda baca vokal. Sehingga paska ekspansi Islam ke berbagai bangsa, banyak orang ‘ajam yang masuk Islam mengalami lah}n. Hal inilah penyebab lahirnya ragam qira>at yang berbeda-beda sesuai dengan apa yang  menurut mereka benar. Berangkat dari problematika tersebut, muncul kesadaran pentingnya mengkaji bahasa Arab dengan tujuan agar al-Qur’a>n tetap terjaga baik lafad ataupun maknanya. Sebagai peletak batu pertama, Abu al-Aswad ad-Duali hadir dengan konsep pemberian titik sebagai tanda vokal. Dirasa belum cukup, Yahya dan Nashr datang dengan memberikan garis kecil sebagai pembeda antara huruf-huruf yang sama bentuknya. Kemudian disempurnakan oleh al-Farahidi dengan menjadikan titik sebagai pembeda huruf yang sama, dan mengambil huruf hijaiyah dalam bentuk yang lebih kecil sebagai tanda vokal, seperti fathah menggunakan alif kecil yang ditelentangkan, dhommah menggunakan wawu dalam bentuk yang kecil, kasrah menggunakan kepala ya’.Kata kunci: qiraat, al-Qur’a>n, kajian bahasa Arab
Kesadaran Pendidikan; Kunci Pengembangan Pendidikan Islam M. Wafiyul Ahdi
DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman Vol 2 No 1 (2017): Juni
Publisher : Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.08 KB) | DOI: 10.32764/dinamika.v2i1.122

Abstract

Manusia secara naluriah memiliki potensi intelektual dalam bidang afektif, kognitif danpsikomotorik yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan kualitasnya melalui prosespendidikan. Macam-macam kesadaran pendidikan itu berupa dapat dilihat dari segi alurtahap pelaksanaan pendidikan, dari segi sasaran bimbimgan, dari segi sudut pelaku, darifungsi kesadaran pendidikan, atau Mekanisme membudayakan kesadaran pendidikan.Tahap-tahap yang ditempuh untuk membudayakan kesadarn pendidikan , antara lain;Membentuk mindset, Mendemonstrasikan dan mendalami model sebgai contoh, Melaksakankesadaran pendidikan secara realistis dalam tugas/wilayah kerja masing-masing komponenmasyarakat, Mempublikasikan dan mempopulerkan hasil dan dampak kesadaranpendidikan untuk memberikan pengaruh dalam membudayakan kesadaran pendidikan,Melakukan evaluasi kritis terhadap semua tahapan-tahapan diatas, secara rasional, obyektif,kritis dan membandingkan dengan kondisi sebelumnya, Melakukan tindak lanjut dari hasilevaluasi.Kata kunci : Kesadaran Pendidikan, Pendidikan Islam
Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Yang Efektif Fauziah Fauziah
DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman Vol 2 No 1 (2017): Juni
Publisher : Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.765 KB) | DOI: 10.32764/dinamika.v2i1.129

Abstract

Pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan yang menitikberatkan pada pendidikan agama dengan membekali santrinya pengetahuan agama yang cukup melalui kajian kitab kuning sebagai sumbernya. Pendidikan yang dijalankan di dalamnya efektif dalam kaitannya dengan tujuan pendirian pesantren dan lulusannya yang memiliki kedalaman spiritual sehingga dapat memberikan arah yang benar terhadap masyarakat pada masa yang akan datang. Oleh karena itu pendidikan yang efektif telah dijalankan dengan baik oleh lembaga tersebut.
Budaya Sekolah Sebagai Hidden Curriculum Pembentuk Karakter Lulusan Lembaga Pendidikan Islam Binti Nasukah
DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman Vol 2 No 1 (2017): Juni
Publisher : Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1146.383 KB) | DOI: 10.32764/dinamika.v2i1.130

Abstract

The criticism addressed to Islamic Education Institutions (IEI) attribute to its incompetence to overcome the bad habit in this country such as corruption, collusion and nepotism, raise the need of IEI to realize the existence of hidden curriculum. It is side effect  of education when formal curriculum to be implemented, through school culture. Hidden curriculum embedded in school culture that participate in creating student’s character. Using literature studies, this article try to give undertstanding about the importance of hidden curriculum, including its existence and sources, and give recommendation for IEI’s administrators to evaluate the aspects contributing to school culture and impacting the hidden curriculum.  It is hoped that realizing the existence of hidden curriculum will help IEI to evaluate many posibilities that cause unexpected output of education.     Keywords: hidden curriculum, school culture, Islamic education institutions
Filsafat Pendidikan Perspektif al-Ghozali Didin Sirojudin
DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman Vol 2 No 1 (2017): Juni
Publisher : Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.123 KB) | DOI: 10.32764/dinamika.v2i1.131

Abstract

Pendidikan adalah salah satu unsur dari aspek sosial – budaya yang berperan sangatstrategis dalam pembinaan suatu keluarga, masyarakat dan bangsa. Kesetrategisan perananini pada intinya merupakan suatu ikhtiar yang dilaksanakan secara sadar, sistematis, terarahdan berfilsafat, berpikir filsafat berarti berpikir secara mendalam tentang sesuatu. Begitupula dengan filsafat pendidikan, maka kita dituntut untuk berpikir secara mendalammengenai pendidikan. Seseorang mampu melakukan suatu apapun sebab memiliki ilmu.Namun, dalam melakukan sesuatu, Islam memberikan batasan-batasan yang semuanyatermaktub dalam syari’at. Sehingga salah satu dari pemikir pendidikan / filosof pendidikanIslam ini mengatakan bahwa pendidikan yang baik adalah pendidikan yang mendasarkanorientasinya kepada al-Quran dan Hadith. Filosof Muslim ini adalah al-Ghazali, menurut alGozali pendidikan adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT., bukan untuk mencarikedudukan yang menghasilkan uang. Karena jika tujuan pendidikan diarahkan bukan padamendekatkan diri kepada Allah, akan dapat menimbulkan kedengkian, kebencian danpermusuhanKata kunci : Filsafat, Pendidikan Islam, Al-Ghozali

Page 1 of 10 | Total Record : 91