Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 4, No 3 (2016): Junal Kreatif Tadulako Online

Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Membaca Teks Percakapan Siswa Kelas V SDN Gindopo

Saiman, Saiman ( FKIP UNTAD)
Efendi, Efendi (Unknown)
Santosa, Pratama Bayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2015

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah dengan metode demonstrasi kemampuan siswa membaca teks percakapan dapat ditingkatkan di kelas V SDN Gindopo?” Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca teks percakapan di kelas V SDN Gindopo dengan metode demonstrasi. Rancangan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, dimana tiap siklus melalui empat tahab yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Obsevasi, dan (4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Gindopo tahun ajaran 2013/2014. Subjek penelitian adalah 14 siswa ditambah dengan 2 orang guru sebagai peneliti dan pengamat. Pada siklus pertama diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 57,14% dan rata-rata daya serap 66,67%, masih kategori belum berhasil. Oleh karena itu, dilanjutkan pada siklus kedua dan hasilnya adalah ketuntasa naik menjadi 85,71% dan rata-rata daya serap meningkat menjadi 82,14% dalam kategori baik karena persentase keberhasilan siswa sudah tercapai. Dengan demikian  tindakan selanjutnya tidak dilaksanakan lagi. Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa membaca teks percakapan di kelas V SDN Gindopo dapat ditingkatkan dengan metode demonstrasi. Kata Kunci: Kemampuan Membaca; Metode Demonstrasi

Copyrights © 2016