JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 10 No 2 (2022): Vol. 10 No. 2. 2022

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP

Netti Kariani Mendrofa (IKIP Gunungsitoli)
Ratna Natalia Mendrofa (IKIP Gunungsitoli)



Article Info

Publish Date
05 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMP Swasta Pembda 2 Gunungsitoli. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelian yang digunakan yaitu nonequivalen control group design. Sampel pada penelitian ini dipilih dengan metode purposive sampling, yakni siswa kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dansiswa kelas VIII-A sebagai kelas kontrol.Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan penalaran matematis.Penelitian ini menggunakan dua jenis analisis data: analisis data kualitatif, yang terdiri dari tes kemampuan penalaran matematis. Berdasarkan rata hasil belajar siswa pada saat posttest diperoleh kelas eksperimen mendapat 77,66, sedangkan pada kelas kontrol 62,87. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...