Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol 1, No 01 (2018): Oktober

LAGU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TATA BAHASA ARAB (NAHWU)

Nanang Joko Purwanto (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2019

Abstract

Bahasa Arab sebagai salah satu bahasa internasional sangat penting untuk dipelajari. Dalam proses mempelajarinya, sebagian orang mengalami berbagai kendala, di antaranya adalah kesulitan dalam mempelajari tata bahasa Arab (nahwu). Dalam menghadapi kendala itu, sebagian orang dapat mengatasinya dan sebagian lainnya tidak. Untuk itu, perlu adanya terobosan guru dalam memilih media pembelajaran agar pembelajaran terasa mudah dan menyenangkan. Media pembelajaran mempunyai peran penting dalam proses pembelajaran. Materi yang sulit dan perlu waktu yang lama untuk mempelajarinya bisa menjadi terasa mudah dan tidak membosankan jika proses pembelajaran menggunakan media yang tepat. Di antara media yang bisa digunakan adalah lagu. Dengan lagu, siswa menjadi mudah menghapalkan teks atau liriknya, meskipun lagu itu berbahasa asing. Selanjutnya, katakata dan kalimat yang ada dalam lagu tersebut dijelaskan mengenai makna dan susunannya dalam kaidah kalimat bahasa Arab. Dengan demikian, lagu bisa menjadi media pembelajaran bahasa Arab, yaitu dalam pembelajaran nahwu. Di antara lagu-lagu yang bisa digunakan adalah “Kasih Ibu” dan “Dua Mata Saya” dalam bahasa Arab.   

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

maharat

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Teaching Arabic as a Foreign Language Arabic Linguistic Arabic Literature Arabic History History of Arabic Education Strategy of Arabic Teaching Arabic Islamic Culture Media of Arabic Teaching Technology of Arabic Teaching Modern Standard Arabic Arabic Second Language Acquisition Arab Islamic ...