Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya
Jurnal Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Penerapan Membaca Kreatif Dalam Keterampilan Bercerita Peserta Didik

Aprilia Dwi Andini (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Triman Juniarso (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Ida Sulistyawati (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan proses Penerapan Membaca Kreatif dalam Keterampilan Cerita, (2) mendeskripsikan hasil penerapan berupa tes hasil keterampilan bercerita dan tanggapan siswa terhadap penerapan keterampilan membaca kreatif dalam keterampilan cerita Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 2 Kelas III SDN Sedati Gede II Sidoarjo. Metode deskriptif kuantitatif dengan memadukan metode kualitatif dan kuantitatif. Sampel data dalam penelitian ini adalah siswa kelas III-C yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, tes dan angket respon siswa. Kemudian teknik analisis data pertama menggunakan analisis data deskriptif kualitatif untuk menjelaskan penerapan membaca kreatif dalam keterampilan mendongeng. Teknik kedua menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif untuk menampilkan data hasil keterampilan bercerita dan tanggapan siswa. Hasil yang diperoleh (1) proses penerapan keterampilan membaca kreatif dalam mendongeng dapat diketahui aktivitas pendidik dan siswa telah dilakukan dengan sangat baik. (2) Hasil tes keterampilan cerita penerapan diperoleh ketuntasan klasikal dengan kategori “Baik”. Sedangkan untuk respon siswa diperoleh hasil dengan kategori “Sangat Baik”.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurnal_buana_pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini terbit dua kali setahun bulan Februari dan Oktober berisi tulisan ilmiah tentang pendidikan, baik yang ditulis dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Tulisan yang dimuat dapat berupa analisis, kajian pustaka, atau hasil ...