WAHANA
Vol 71 No 2 (2019)

STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PEROLEHAN BELAJAR MATA KULIAH PPKn ANGKATAN 2018 UNIPA SURABAYA

i wayan arsana (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2019

Abstract

Proses pembelajaran pada program studi PPKn mengahadapi banyak persoalan, berdasarkanpengamatan secara terbatas mahasiswa cenderug pasif kurang menekankan aspek penalaransehingga menyebabkan rendahnya minat belajar mahasiswa. Temuan mengenai aktivitas belajarmahasiswa PPKn angkatan 2018 pada siklus I menunjukkan aktivitas pembelajaran seperti:mendengarkan penjelasan dosen, menjawab pertanyaan dosen, aktivitas mahasiswa selamadiskusi, mendengarkan sajian presentasi, laporan kelompok, sikap dalam berdiskusi termasukkatagori baik. sedangkan mengemukakan pendapat, bekerja sama, mendengarkan penjelasandosen, bertanya kepada dosen termasuk katagori cukup. mengajukan pertanyaan maupunsanggahan termasuk kata gori kurang. Pada siklus II aktivitas pembelajaran seperti aktivitasdiskusi dan sikap dalam berdiskusi termasuk katagori sangat baik, sedangkan mendengarkanpenjelasan dosenbertanya kepada dosen menjawab pertanyaan dosen, mendengarkan sajianpresentasi, mengajukan pertanyaan dan sanggahan serta pembuatan laporan kelompoktermasuk dalam katagori baik, Sedangkan bekerja sama, mengemukakan pendapat termasukkatagori cukup. Mengenai perolehan belajar siklus I menunjukkan dari 29 orang mahasiswa,hanya 20 mahasiswa atau sebesar 69% mencapai ketuntasan belajar sedangkan 9 orang siswaatau sebesar 31% belum mencapai ketuntasan belajar, sedangkan pada siklus II dari 29mahasiswa sebayak 26 orang atau sebesar 89,7% mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 3orang mahasiswa atau sebesar 10,3% belum mencapai ketuntasan belajar.

Copyrights © 2019