ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal
Vol. 2 No. 2 (2021): ZAHRA: Research And Tought Elmentary School Of Islam Journal

Application Of The Assure Learning Model In Improving The Learning Outcomes Of Class IV Elementary School Students

Nanda Saputra (STIT Al-Hilal Sigli Aceh)
Amiruddin Amiruddin (IAI Al-‘Aziziyah Samalanga)
Miswar Saputra (IAI Al-‘Aziziyah Samalanga)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2021

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah kurangnya minat belajar siswa dan rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran assure dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Sigli?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran assure dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Sigli. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SDN 2 Sigli yang berjumlah 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran assure dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari nilai yang diperoleh siswa pada masing-masing siklus. Pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata siswa 68,1, sedangkan pada siklus II mendapatkan nilai rata-rata siswa 75.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ZAHRA

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal which contains various articles that study : 1. Analysis of student competency in PGMI/PGSD/MI/SD 2. Learning strategies in PGMI/PGSD/MI/SD 3. Conceptual ideas, theory, and practice of PGMI/PGSD/MI/SD 4. Study and application theory of ...