Belajar Bahasa : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 4, No 1 (2019): BELAJAR BAHASA

KONSTRUKSI AGRILITERACY MELALUI DONGENG “DEWI SRI”

Lilik Wahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2019

Abstract

Pendidikan merupakan proses internalisasi nilai-nilai menjadi jati diri pembelajaragar melahirkan kesadaran kritis terhadap budaya lokal, salah satunya dunia agraris (agriliteracy). Agar menyenangkan, internalisasi nilai di Fakultas Pertanian dilakukan melalui matakuliah Bahasa Indonesia dengan media dongeng.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis isi kualitatif.Sumber data penelitian ini adalah dongeng “Dewi Sri” dengan menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan studi pustaka sebagai pengumpul data.Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan eksplanasi tentang (1) pesan dan (2) peran dongeng “Dewi Sri” sebagai pembangkit imajinasi agriliterasi mahasiswa. Hasil penelitian ini adalah (1) pesan dongeng “Dewi Sri” adalah Dewi Sri merepresentasikan tanah merupakan ibu yang “melahirkan” tanam-tanaman yang dibutuhkan oleh manusia. Mahasiswa sebagai anggota masyarakat agraris harus menghargai tanah sesuai dengan budaya agrarisnya agar terbentuk integritas dan rasa syukur dan (2) peran dongeng “Dewi Sri”adalah sebagai media yang ramah dan menyenangkan untuk meningkatkan kemampuan literasi ekologisebagai perekat keharmonisan hidup manusia dengan sesama dan alam yang menjadi tempat hidup dan kehidupan. 

Copyrights © 2019