Prosiding Conference on Research and Community Services
Vol 2, No 1 (2020): Second Prosiding Conference on Research and Community Services

ANALISIS KESADARAN METAKOGNITIF MAHASISWA CALON GURU DALAM MENGAJAR

Abd. Rozak (STKIP PGRI Jombang)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2020

Abstract

Pentingnya pelibatan aktivitas metakognitif dalam proses pembelajaran dikarenakan guru seharusnya dapat memantau dan mengontrol berjalannya strategi yang direncanakan, memantau ketercapaian tujuan pembelajaran, serta mengevaluasi proses pembelajaran. Artikel ini menjelaskan tentang analisis pelibatan kesadaran metakognitif calon guru dalam pembelajaran micro teaching terkait jenis kelamin dan pengalaman mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif, data dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Subjek penelitian adalah 45 mahasiswa semester 6 calon guru Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Jombang. Intrumen penelitian berupa angket Metacognitive Activity Inventory for Teacher (MAIT). Data diperoleh dengan meminta subjek mengisi angket MAIT berdasarkan pengalaman mengajar saat pembelajaran micro teaching. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis varians dua arah. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan rata-rata skor MAIT secara signifikan berdasarkan jenis kelamin dan pengalaman mengajar.  

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

CORCYS

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Other

Description

CORCYS merupakan konferensi tahunan bersifat nasional yang diadakan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) STKIP PGRI Jombang yang bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk prosiding. Fokus artikel hasil penelitian dan ...