Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research
Vol 6 No 2 (2022): JISAMAR: May 2022

Chatbot untuk konsultasi akademik mahasiswa menggunakan natural language processing (NLP) di Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957

Syamsu Hidayat (Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957)
Astried Silvanie (Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957)
Rino Subekti (Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

teknologi komunikasi seiring sejalan dengan kemajuan teknologi informasi, Chatbot sebagai salah satu inovasi perpaduan antara teknologi komunikasi dan teknologi informasi, merupakan aplikasi yang dapat berkomunikasi dengan manusia layaknya asisten virtual yang dapat merespon dan menjawab setiap pertanyaan yang diajukan. Beberapa pelaku utama industri komunikasi telah menerapkan teknologi chatbot ini kedalam perangkat meraka salah satunya Apple, Inc dengan produk SIRI. Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957 sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta, dengan potensi jumlah mahasiswa yang dimilikinya khususnya Fakultas Ilmu Komputer akan sangatlah terbantu dengan aplikasi chatbot ini khususnya dalam hal konsultasi akademik yang bertujuan dapat membantu meringankan beban dosen pembimbing dengan menyediakan bimbingan secara virtual tanpa da batasan ruang dan waktu. Mengacu pada penelitian-penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya, pada penelitian ini kami memanfaatkan teknologi dasar chatbot yakni pembelajaran mesin dengan Natural Language Processing(NLP) yang dapat memproses setiap hasil teks kemudian menganalisa dan melakukan pelatihan mesin menggunakan algoritma Jaringan Syaraf Tiruan (JST) dengan model Supervised Machine Learning, kemudian membuat NLP Engine dengan kode Python yang terinstal di Server. Disisi pengguna End-user dibuat aplikasi berbasis Android dengan bahasa Kotlin dan IDE Android Studio. Uji coba aplikasi Android dilakukan dengan menggunakan kotak hitam, dari beberapa percobaan yang dilakukan kami mendapati hasil yang baik bahwa dengan pemanfaatan teknologi Chatbot ini dapat berfungsi sebagai media konsultasi akademik virtual yang dapat diakses tanpa Batasan ruang dan waktu, dengan menggunakan Natural Language Processing dan pemodelan Machine Learning dapat memberikan konstribusi dalam bidang kecerdasan buatan khususnya NLP.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jisamar

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

JISIMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), terbit empat kali setahun pada bulan Februari, Mei, Agustus dan November, memuat naskah hasil pemikiran dan hasil penelitian di bidang Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Sistem Informasi Manajemen, Sistem ...